Home / Global

Senin, 6 April 2020 - 12:13 WIB

Warga Belanda Kutip Ayat al-Quran, al-Maidah 32, Dukung Dokter dan Perawat Pasien Corona

BERITAWAJO.COM – Warga Muslim di Belanda membuat Baliho mengutip Al Maidah ayat 32 untuk mendukung tenaga medis dan perawat pasien Corona Sebuah komunitas Muslim di Belanda, menggunakan cara menarik untuk memberikan dukungan kepada para dokter dan tenaga medis yang merawat pasien virus corona atau COVID-19.

Mereka memprakarsai gerakan, ‘Verhevenkarakter’ dan ‘Noble character’ dengan membuat Billboard digital mengutip ayat-ayat suci Al Quran.

Billboard digital itu kemudian dipasang di halte depan sebuah rumah sakit di Amersfoort, sebuah kota besar kedua di Provinsi Utrecht Belanda. Mereka mengutip sebagian arti dari Surat Al Maidah ayat 32, yang arti terjemahannya ditulis dalam bahasa Belanda dan Bahasa Inggris.

Baca  Ajak Semua Orang Kembali Pada Tuhan, Trump Tetapkan Hari Berdoa Nasional

“Als iemand een leven redt, is het alsof diegene de gehele mensheid feeft gered. (Koran 5:32),” begitu bunyi baliho yang dipasang komunitas ini.

Ada juga billboard dalam bahasa Inggris. “Whoever saves a life, It is as if he had saved mankind entirely. Quran 5:32.”

Harun salah satu warga yang terlibat dalam komunitas tersebut mengatakan bahwa gerakan ini sebagai dukungan untuk tim medis yang berjuang merawat para pasien virus corona. “Dan melalui gerakan ini kami ingin mengucapkan banyak terimakasih kepada dokter dan perawat yang menghabiskan banyak waktu (merawat pasien corona),” kata Harun, Minggu (5/4/2020).

Menurut dia di Belanda, -sebelumnya ditulis Amersfoort-, saat ini kurang lebih ada 1 juta warga yang beragama Islam. Baliho digital dengan mengutip Al Quran Surat Al Maidah ayat 32 itu diharapkan mampu memberikan semangat kepada para tenaga medis perawat pasien virus corona atau COVID-19.

Dukungan untuk tenaga medis di Belanda mengutip Al Maidah ayat 32 Foto: Dokumentasi: Harun – Verhevenkarakter

Dikutip dari Qur’an.kemenag.go.id, lafal arab Al Quran Surat Al Maidah ayat 32 adalah sebagai berikut:

Baca  Wanita 'Judes' Korut Ini Disebut Bakal Gantikan Kim Jong-un

مِنْ اَجْلِ ذٰلِكَ ۛ كَتَبْنَا عَلٰى بَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ اَنَّهٗ مَنْ قَتَلَ نَفْسًاۢ بِغَيْرِ نَفْسٍ اَوْ فَسَادٍ فِى الْاَرْضِ فَكَاَنَّمَا قَتَلَ النَّاسَ جَمِيْعًاۗ وَمَنْ اَحْيَاهَا فَكَاَنَّمَآ اَحْيَا النَّاسَ جَمِيْعًا ۗوَلَقَدْ جَاۤءَتْهُمْ رُسُلُنَا بِالْبَيِّنٰتِ ثُمَّ اِنَّ كَثِيْرًا مِّنْهُمْ بَعْدَ ذٰلِكَ فِى الْاَرْضِ لَمُسْرِفُوْنَ – ٣٢

Artinya: “Oleh karena itu Kami tetapkan (suatu hukum) bagi Bani Israil, bahwa barangsiapa membunuh seseorang, bukan karena orang itu membunuh orang lain, atau bukan karena berbuat kerusakan di bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh semua manusia. Barangsiapa memelihara kehidupan seorang manusia, maka seakan-akan dia telah memelihara kehidupan semua manusia. Sesungguhnya Rasul Kami telah datang kepada mereka dengan (membawa) keterangan-keterangan yang jelas. Tetapi kemudian banyak di antara mereka setelah itu melampaui batas di bumi.”

Baca  Raja Salman Keluarkan Dekrit Pembukaan Kembali Pelataran Masjidil Haram untuk Tawaf Sunah

Dilansir dari worldometers.info hingga hari ini, Minggu 5 April 2020, jumlah warga Belanda yang dinyatakan positif terkena virus corona atau COVID-19. telah mencapai 16.627 orang. Adapun, pasien positif corona yang meninggal dunia tercatat 1.651 dan hanya 250 orang yang dinyatakan mengalami masa penyembuhan. (erd/pay)

Share :

Baca Juga

Global

Takut Dijangkiti Virus Corona, Nelayan Tolak Karantina WNI di Natuna
Seekor Kucing Ditangkap Polisi

Global

Langgar Jam Malam Saat Lockdown, Seekor Kucing Ditangkap Polisi

Global

China Bantah Sengaja Produksi Covid-19

Global

Satu Lagi Negara Tertipu Pemasok Tes Cepat Impor dari China

Global

Ultimatum Trump Untuk Arab Saudi: Pangkas Pasokan Minyak Atau AS Cabut Dukungan Militer

Global

Virus Korona Mengkhawatirkan, Mahasiswa Asal Indonesia Terjebak di Wuhan

Global

NASA Akan Kirim Astronot di Waktu Paling Utama untuk Shalat Tahajud

Global

Trump: Dua Pekan ke Depan Akan Sangat Menyakitkan, Semua Warga AS Harus Siap