Home / Hankam

Jumat, 17 April 2020 - 11:21 WIB

Wamenhan Sebut RI Sedang Menuju Puncak Penyebaran Corona

Jakarta – Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono mengatakan saat ini Indonesia tengah memasuki situasi hampir menuju puncak penyebaran wabah Virus Corona atau Covid19.

Pernyataan ini disampaikan Trenggono melalui siaran Instagram TV yang diunggah oleh akun @Indonesiavoice.

“Saat ini situasi penyebaran covid-19 di negara kita berada pada posisi yang sedang menuju puncak,” kata Trenggono dikutip CNNIndonesia.com melalui siaran Instagram TV tersebut, Jumat (17/4).

Oleh karena itu, Trenggono mengingatkan agar seluruh masyarakat Indonesia mengikuti semua anjuran pemerintah untuk tetap menjaga jarak, menggunakan masker dan berdiam diri di rumah. Bahkan anjuran untuk tidak mudik menurut dia perlu juga ditaati.

Baca  Takut Dijangkiti Virus Corona, Nelayan Tolak Karantina WNI di Natuna

Hal ini dilakukan untuk menurunkan grafik tertinggi wabah corona yang sewaktu-waktu bisa terjadi. Sebab memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 yang tengah terjadi di Indonesia hanya bisa dilakukan jika semua pihak taat aturan.

Bahkan kata dia, dengan mengikuti imbauan pemerintah maka secara tidak langsung semua masyarakat telah melakukan bela negara.

“Jika kita lakukan bersama maka kita telah membantu menyelamatkan diri kita sendiri, keluarga dan masyarakat. Ini adalah bagian dari bela negara,” kata Trenggono.

Dalam kesempatan itu, Trenggono juga menyinggung kegiatan Ramadan yang akan segera dihadapi umat Islam di seluruh dunia. Dia meminta agar Ramadan kali ini bisa digunakan untuk berdoa lebih khusuk terutama meminta keselamatan dari wabah yang tengah terjadi.

Baca  Khawatir Virus Corona, Presiden Filipina Pecat Pejabat yang Mengizinkan Warga China Masuk ke Negaranya

“Berdoa agar kita diselamatkan dari wabah ini. Beribadah di rumah dan sekali lagi tidak perlu pulang kampung. Optimis dengan persatuan nasional bersama kita bisa mengusir virus corona,” jelasnya.

Pernyataan Trenggono ini telah dimintai persetujuan untuk dikutip kepada staf khusus Trenggono.

Puncak pandemi Corona yang terjadi di Indonesia sempat juga dipaparkan oleh Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Wabah Corona, Doni Monardo. Doni menyebut puncak wabah bisa terjadi antara Juni atau Juli.
Lihat juga: Kasus Sembuh dan Meninggal karena Corona di Jateng Tertinggi

Baca  Asia Dalam Bahaya, Adu Kuat Rudal Nuklir Mahadahsyat China Vs India

Prediksi ini kata Doni yang disampaikan saat melakukan rapat dengan DPR beberapa minggu lalu secara virtual didapat dari hasil kajian Badan Intelijen Negara (BIN).

Berdasarkan data yang dipaparkan Doni dalam Rapat Kerja dengan Komisi IX DPR yang dilakukan secara virtual pada Kamis (2/4), dituliskan bahwa sebanyak 106.287 kasus akan tercatat di periode puncak itu.

“Puncaknya akhir Juni atau akhir Juli,” kata Doni.

Share :

Baca Juga

Hankam

Panglima Ungkap Kasus Corona di Lingkungan TNI: 55 Orang Positif, 15 Meninggal

Hankam

Hasil Rapid Test, 7 Siswa Sekolah Inspektur Polisi Positif Corona

Hankam

Istri Posting ‘Semoga Rezim Tumbang’, Anggota TNI AD Ditahan 14 Hari

Hankam

Datangi Polda Maluku, 3 Anggota FKM Bentangkan Bendera RMS

Hankam

Pelaku Bom Bunuh Diri di Polrestabes Medan Inisial RMN, Mahasiswa Berusia 24 Tahun

Hankam

Mata-mata Aria-body China Ancam Indonesia, BIN Diminta Gerak Cepat

Hankam

Gawat! Laporan WSJ; China Suap NU dan Muhammadiyah Soal Uighur

Hankam

Ditelepon Wei Fenghe, Menhan Prabowo Ucapkan Terima Kasih kepada Angkatan Bersenjata Tiongkok