Home / Pemerintah

Minggu, 12 April 2020 - 09:58 WIB

Video Viral Jokowi Kumpulkan Warga Bogor Bagi Sembako, Ini Penjelasan Istana!

Jakarta – Beredar luas video yang menyebut Presiden Joko Widodo membagi-bagikan sembako bantuan pandemi Corona Covid-19 di kawasan Istana Bogor pada Sabtu malam 11 April 2020. Akibatnya, dalam video itu warga Bogor berkumpul di depan Istana.

Padahal, Presiden Jokowi sendiri dan pemerintah sudah mengimbau agar tidak ada aksi pengumpulan massa, yang bisa membuat penyebaran Covid-19 meluas. Video itu menyebut, Presiden Jokowi membagi-bagikan sembako.

Namun, pihak Istana membantah kalau Presiden Jokowi membagi-bagikan sembako tersebut.

“Tidak ada kegiatan pembagian paket sembako oleh Presiden pada Sabtu malam di Bogor,” kata Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, dalam siaran pers pada Minggu 12 April 2020.

Baca  Covid-19 Tidak Perlu Dilawan, untuk Kebangkitan Ekonomi Ajaran Bung Karno Harus Dijalankan

Aksi pembagian sembako yang dilakukan Jokowi hanya dilakukan pada Kamis sore 9 April 2020. Saat itu, beredar video Kepala Negara membagikan sembako terhadap sejumlah driver ojek online.

Bey mengatakan, berkumpulnya masyarakat Kota Bogor itu karena mereka mengira Presiden Jokowi kembali membagikan paket sembako. Setelah pembagian dilakukan pada Kamis sore sebelumnya.

Masyarakat yang berkumpul di depan Istana Bogor itu juga, menurutnya karena mereka mendapat informasi yang tak valid dari sumber tidak resmi. Dari info itu, diketahui akan ada pembagian paket sembako. Padahal, informasi itu tidak benar. Jokowi, saat itu tak melakukan pembagian sembako.

Baca  Honorer K2 Minta Passing Grade Turun, Pati Sunandar: Namanya Makin Tua, Daya Ingat Berkurang

“Kemungkinan karena malam sebelumnya ada pembagian paket sembako, masyarakat mengira akan ada lagi pembagian sehingga mereka berbondong-bondong ke Istana Kepresidenan Bogor,” jelas Bey.

Selanjutnya, setelah masyarakat berkerumun di depan Istana Bogor, Paspampres memberikan penjelasan dan pengarahan, dibantu aparat kewilayahan dari Komando Resor Militer 061 (Korem 061/Surya Kencana) dan Polresta Bogor Kota. Para warga tersebut, lanjutnya, akhirnya kembali ke rumah masing-masing.

Baca  Menkeu Sri Mulyani Ngutang 5 Triliun, Komisi XI: Kita Enggak Pernah Tahu Kapan Diajukan

Setelah pembagian paket sembako di Jakarta pada 9 April lalu ada pergerakan warga Bogor menuju Istana Kepresidenan Bogor, Sekretariat Presiden, dan Paspampres akan melakukan evaluasi. Ke depan, pembagian akan mengutamakan physical distancing atau menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

“Terlebih lagi, DKI Jakarta dan wilayah Bogor sudah ditetapkan Menteri Kesehatan sebagai wilayah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Tentunya kita semua harus mendukung pelaksanaan PSBB ini,” jelas Bey. (Viva)

Share :

Baca Juga

Pemerintah

Luhut Pastikan Proyek 5 Destinasi Wisata Lanjut Meski Ada Corona

Pemerintah

Indonesia Bakal Dibanjiri 60 Ribu Ton Daging Impor Brasil-India

Pemerintah

Kabar Gembira dari Menpan RB Tjahjo Kumolo soal Honorer K2

Pemerintah

Aksi Demo Besar-besaran Honorer K2, Titi Purwaningsih: Bukan Upaya Menentang Pemerintah

Pemerintah

Masyarakat Mengaku Kesulitan Daftar Kartu Prakerja ala Jokowi. Kok Bisa?

Pemerintah

Darurat Virus Corona, Kemenag Tak Layani Permohonan Pelaksanaan Akad Nikah. Kok Bisa?

Pemerintah

Luhut Ingin Datangkan Turis, Wishnutama: Tak Mungkin, Masih Covid-19

Pemerintah

Honorer Beralih Status Magang, Nasib Gajinya Seperti Ini