Home / Islam

Jumat, 20 Maret 2020 - 18:19 WIB

Terkait Corona, Prof KH Achmad Satori Ismail Sarankan Umat Islam Konsumsi Madu dan Kurma

BERITAWAJO.COM – Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Dai Indonesia (IKADI), Prof KH Achmad Satori Ismail menyarakan kepada umat Islam untuk mengonsumsi madu dan kurma. Hal ini disampaikan Prof Satori dalam tadzkirah (peringatan) yang diterbitkan IKADI belum lama.

Umat disarankan mengonsumsi madu dan kurma berdasarkan pada hadis yang disabdakan Nabi Muhammad Saw. Dari Abu Sa’id Al Khudri ra, bahwa ada seorang laki-laki datang kepada Rasulullah saw dan berkata: “Saudara saya sakit perut”. Rasul menjawab, “Beri ia madu!”. Hal ini dilakukan orang itu sampai tiga kali bolak balik menanyakan kepada Rasul saw, jawabannya pun tetap madu dan madu” (HR Bukhari, no: 5684 dan Muslim, no: 5731).

Baca  1 Ramadan 1441 Hijriah Jatuh pada Jumat 24 April, dan Idul Fitri, pada Ahad 24 Mei 2020

Nabi Muhammad saw juga bersabda: “Barang siapa yang sarapan setiap hari dengan 7 butir kurma ajwa’, maka tidak akan membahayakannya pada hari itu racun maupun sihir.” (HR. Bukhari, no: 5779 dan Muslim, no: 2047).

Selain mengonsumsi madu dan kurma, Prof Satori juga mengimbau kepada umat Islam untuk melakukan ikhtiar dan berbagai upaya untuk menghindarkan diri dari risiko penularan Covid-19. Seperti menunda kegiatan-kegiatan yang mengumpulkan orang dalam jumlah banyak, serta menghindari tempat keramaian.

Baca  Qori dan Imam Terkenal Syeikh Abu Bakr al-Shatri Terinfeksi Virus Corona COVID-19

Hal ini sesuai dengan sabda Nabi yang artinya, “Apabila kalian mendengar wabah tha’un melanda suatu negeri, maka janganlah kalian memasukinya. Dan apabila penyakit itu melanda suatu negeri sedang kalian ada di dalamnya, maka janganlah kalian keluar dari negeri itu.” (HR Bukhari, no: 5728 dan Muslim, no: 2218).

Share :

Baca Juga

Islam

“Saya Tidak Takut Corona Saya Takut Pada Allah,” Ini Jawaban Ustaz Abdul Somad

Islam

Cegah Covid-19, Ini Saran Gus Baha

Islam

Hewan Dabbah Ini Akan Muncul di Mekkah Sebagai Tanda Kiamat Makin Dekat!

Islam

7 Hal yang Dimiliki Aisyah Istri Rasulullah saw, yang Tak Dimiliki Wanita Mana Pun

Islam

Subhanallah! Wanita Muslim Ini Donasikan Tabungan Hajinya untuk Lawan Covid-19

Islam

Subhanallah, Pria Ini Meninggal Saat Mengumandangkan Hayya ‘Ala Shalah dalam Azan

Islam

Karena Anies, Ancol Resmi Jadi Lokasi Museum Rasulullah saw Terbesar Dunia

Islam

Makkah adalah Baladul Amin, Tidak Akan Dimasuki Corona Jika Corona Itu Tha’un