Home / Nasional

Kamis, 2 Januari 2020 - 13:00 WIB

Takut Hartanya Hilang, Korban Banjir Menolak Dievakuasi

BERITAWAJO.COM, FAJAR.CO.ID — Jabodetabek mengalami banjir akibat hujan di awal tahun ini. Sejauh ini, tercatat sudah 64 ribu masyarakat DKI Jakarta yang mengungsi. Meski begitu masih banyak juga warga yang tetap bertahan.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo mengimbau kepada seluruh masyarakat yang tinggal di daerah aliran sungai untuk mengungsi. Doni menegaskan hal ini karena banyak warga menolak dievakuasi.


Foto Istimewa

‎”Jangan biarkan ada masyarakat yang bertahan di daerah yang jaraknya sangat dekat dengan bibir sungai. Karena sekonyong-konyong air bah bisa datang dan tidak ada kesempatan untuk menyelamatkan diri,” ujar Doni di Pintu Air Manggarai, Kamis (2/1/2019).

Menurut Doni sebagian warga menolak diungsikan atau dievakuasi petugas karena takut harta dan bendanya hilang dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Kata Doni, masyarakat tidak perlu risau kerena akan ada penjagaan barang milik masyarakat.

“Jadi sudah ada kesepakatan dengan semua unsur TNI Polri, Basarnas dan ada tim pengamanan jadi aset-aset warga yang ada di daerah tertentu akan diamankan oleh unsur aparat keaamanan,” katanya.

Doni juga mengimbau kepada masyarakat untuk rela dievakuasi. Mereka harus sadar bahwa nyawa lebih berharga ketimbang harta dan benda. “‎Harta penting tapi nyawa lebih penting lagi,” ungkapnya.

Demikian berita ini dikutip dari FAJAR.CO.ID untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

Share :

Baca Juga

Nasional

Membeludak… Hari Pertama 2020, Pengunjung Bantimurung Tembus 12 Ribu Orang

Kriminal

Ditangkap, Pembunuh Buruh Bangunan di UIM Ternyata Kepala Pengawas Proyek

Nasional

Sidang Lanjutan Anak Gugat Ayah, Pintu Maaf Sudah Tertutup

Nasional

Kepala BPIP Nilai Agama Musuh Pancasila, Ini Tuntutan Relawan Jokowi

Nasional

Menaggapi Wacana Darurat Sipil, Ini Seruan Habib Rizieq dari Tanah Suci

Nasional

Perolehan Medali SEA Games: Indonesia Tembus 3 Besar

Nasional

Medali SEA Games 2019 Lampaui Target, Atlet Dapat Bonus Lebih Besar

Nasional

Pabrikan Lebih Suka Anda Kredit Mobil, Target Rp 8,8 Triliun Tahun ini