Home / Nasional

Senin, 23 Desember 2019 - 05:00 WIB

Tak Lulus Berkas, 500 Pelamar CPNS “Protes”

BERITAWAJO.COM, MAKASSAR — Masa sanggah hasil verifikasi berkas CASN lingkup Pemkot Makassar sudah selesai. Ada 500 pelamar mengajukan sanggahan.

Sebelumnya, pemkot sudah mengumumkan hasil verifikasi berkas 18.026 pendaftar calon aparatur sipil negara (CASN) pada 16 Desember lalu. Dari hasil tersebut, pemkot mengumumkan 1.186 pelamar dinyatakan gugur.


Foto Istimewa

Kepala Bidang Pengadaan dan Kepegawaian BKPSDM, Kadir Masri menyampaikan, masa sanggah dibuka selama tiga hari pada 17-19 Desember. Sementara pengumumannya akan dilakukan pada 26 Desember nanti.

“Ada juga yang menggunakan haknya melakukan sanggahan. Data kami ada sekitar 500-an pendaftar yang melakukan sanggah,” ujar Kadir, Minggu, 22 Desember.

Kadir menjelaskan rata-rata pelamar menyanggah hasil verifikasi lantaran salah mengunggah berkas. “Dia unggah fotocopy ijazah. STR juga ada yang sudah habis masa berlakunya, pendidikan yang tidak linear dan sebagainya,” jelasnya.

Jika kesalahan berasal dari pelamar, kata dia, maka sanggahan tersebut tidak berlaku. Berbeda bila kesalahan hasilnya terjadi akibat kelalaian tim verifikasi. Kemungkinan besar akan diladeni.

Plt Kepala BKPSDM Makassar, Basri Rakhman mengatakan, hasil verifikasi yang awalnya 3.000 pendaftar dinyatakan gugur tidaklah valid. Data itu adalah data verifikasi awal.

“Sebelumnya kita infokan 3.000-an pendaftar tidak lolos verifikasi berkas. Setelah kita cek ulang, ternyata hanya seribuan,” jelas Basri.

Dia berharap pada pengumuman hasil sanggah nanti, tidak terjadi lagi kesalahan. Sehingga, para pelamar bisa fokus menghadapi seleksi berikutnya yang dimulai Februari 2020 mendatang.

Demikian berita ini dikutip dari FAJAR.CO.ID untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

Share :

Baca Juga

Nasional

Tampik Isu Hubungannya Renggang, Surya Paloh: InsyaAllah Pak Jokowi Datang

Kriminal

Pengakuan Istri Hakim PN Medan Zuraida Hanum: Saya Lagi Hamil, Dia Bawa Perempuan ke Rumah

Nasional

Gaya Erick Benahi BUMN, Fokus Evaluasi 6 Aturan Diterapkan

Nasional

Pilpres 2024, Ari Junaedi: Akan Nyaman di Kubu Anies

Nasional

Membeludak… Hari Pertama 2020, Pengunjung Bantimurung Tembus 12 Ribu Orang

Nasional

Nur Baitih: Alhamdulillah, Cara Allah Mengangkat Derajat Honorer Sangat Indah

Nasional

Agenda Reuni 212 Bahas Ini, dari Kasus Hukum Sukmawati Hingga Isu Kepulangan Habib Rizieq

Nasional

PNS yang Pindah ke Ibu Kota Baru Maksimal Berusia 45 Tahun