Home / Daerah

Kamis, 19 Maret 2020 - 06:51 WIB

Seperti Tak Terpengaruh Corona, Bandara Adisutjipto Tetap Layani Rute Malaysia dan Singapura

BERITAWAJO.COM – Rute penerbangan internasional di Bandara Adisutjipto, Yogyakarta belum ditutup, pasca-terjadinya pandemi virus corona (Covid-19). PT Angkasa Pura I sebagai pengelola otorita penerbangan di Bandara Adisutjipto, Yogyakarta masih akan menunggu kebijakan dari pusat.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto, Agus Pandu Purnama mengatakan, sampai saat ini ada empat rute penerbangan yang ada di Adisutjipto. Yakni rute penerbangan dari maupun ke Malaysia dan Singapura.

Baca  Bandara Soetta Temukan 11 Penumpang dari Italia Positif Virus Corona

“Kita masih (normal beroperasi). Setiap hari ada empat rute penerbangan internasional ke Singapura dan Malaysia,” jelas Agus di kantor Help Desk, Pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport/YIA) di Temon, Kulonprogo, DIY, Kamis (19/3/2020).

Menurutnya, kebijakan penutupan penerbangan internasional belum ada perintah dari atas. Sehingga pelaksana di daerah akan menyesuaikan dari atas. Begitu juga ketika ada negara tertentu yang melakukan isolasi atau lockdown, akan diikuti.

Baca  Viral Video Diduga Bupati Boltim Marah soal BLT: Goblok Itu Menteri

“Kita akan sesuaikan, kalau ada negara yang lakukan isolasi atau lockdown, kita juga akan menyesuaikan,” jelas Pandu yang juga menjabat pelaksana tugas sementara GM Bandara YIA ini.

Hanya saja, sampai saat ini dari empat rute penerbangan yang ada, penerbangan ke Malaysia dan Singapura masih berjalan normal. Kedua negara ini melakukan penutupan rute penebangan internasional ke Adisutjipto, Yogyakarta. “Semuanya hanya 4 rute penerbangan internasional,” pungkasnya.

Baca  Luhut Minta Panglima TNI dan Kapolri Kawal Bandara, Jangan Sampai Ditutup Pemda

Untuk mengatasi penyebaran dan pencegahan virus corona, PT Angkasa Pura terus melakukan upaya penyemprotan disinfektan di terminal dan lingkungan bandara baik di Adisutjipto ataupun di YIA. Setiap penumpang yang datang dan berangkat juga akan menjalani pemeriksaan suhu tubuh dengan body thermal scanner dan thermal gun infrared.

“Tidak hanya penumpang, karyawan juga akan diperiksa. Kalau suhunya tinggi kita sudah ada langkah sesuai protokol,” tandasnya.

Sumber

Share :

Baca Juga

Anies Dikeroyok 3 Menteri

Daerah

Gak Ribet! Anies Akan Memberikan Bantuan Rp 1 Juta per Bulan Buat Warga Miskin di Tengah Wabah Corona,

Daerah

Pasien Positif Corona Bertambah Tiap Hari, Balikpapan Ingin Terapkan PSBB

Daerah

Klaster Corona Sampoerna ‘Meledak’ Gara-gara Dinkes-Gugus Tugas Lambat
WNA India Positif Covid-19

Daerah

Empat WNA India di Masjid al-Ittihad Sleman Positif Covid-19

Daerah

Klaim Kasus Corona Terkendali, MUI Kota Bengkulu Izinkan Tarawih di Masjid

Daerah

Bupati Luwu Utara Borong Hasil Panen Petani dan Dibagikan Gratis ke Warga

Daerah

Efek Corona: Tak Sanggup Beli Beras, 1 Keluarga di Mamuju Konsumsi Ubi Kayu

Daerah

Bagi Sembako Berujung Dipolisikan, Gubernur Gorontalo: Saya Siap Dipenjara