Home / Kesehatan

Kamis, 16 April 2020 - 02:51 WIB

Sekjen PBB: Hanya Vaksin Corona yang Bisa Bikin Dunia Kembali Normal

Foto: Getty Images/iStockphoto/Bill Oxford

Foto: Getty Images/iStockphoto/Bill Oxford

Jakarta – Sekjen Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres mengatakan bahwa vaksin COVID-19 mungkin satu-satunya hal yang bisa mengembalikan dunia pada keadaan normal. Guterres pun berharap vaksin tersebut akan tersedia sebelum akhir tahun ini.

“Vaksin yang aman dan efektif mungkin merupakan satu-satunya alat yang dapat mengembalikan dunia pada rasa ‘normal,’ menyelamatkan jutaan nyawa dan triliunan yang tak terhitung,” ujar Guterres dalam konferensi video dengan puluhan negara-negara Afrika yang menjadi anggota PBB.

Baca  Dinkes: Selain Jemaah Tabligh, Ada Klaster Aparat dalam Penyebaran Corona

Pemimpin badan dunia itu meminta percepatan pengembangan vaksin untuk virus Corona dan akses untuk semua, seraya menambahkan bahwa vaksin itu harus memiliki “manfaat global yang universal dan memungkinkan kita untuk mengendalikan pandemi.”

“Kita membutuhkan upaya ambisius untuk memastikan bahwa para pemangku kepentingan internasional beroperasi melalui pendekatan yang terpadu dan terintegrasi untuk memaksimalkan kecepatan dan skala yang diperlukan untuk penyebaran universal vaksin tersebut pada akhir 2020,” tegasnya seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (16/4/2020).

Baca  Faisal Basri Heran Banyak Menteri 'Jegal Gubernur Anies' Agar Tidak Lockdown Jakarta

Guterres juga mengatakan bahwa permintaan yang disampaikannya pada 25 Maret lalu mengenai donasi US$ 2 miliar untuk penanganan komprehensif PBB atas pandemi virus Corona, sejauh ini telah terkumpul sekitar 20 persen dari jumlah itu.

Lewat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ujar Guterres, PBB telah bisa melengkapi 47 negara Afrika dengan alat tes virus Corona.

Baca  Ini Bahaya Saat Menggunakan Hand Sanitizer Berlebihan!

Sekjen PBB itu juga memuji upaya sejumlah negara Afrika untuk memitigasi konsekuensi dari pandemi Corona, misalnya Namibia yang memberikan dana darurat bagi para pekerja yang kehilangan pekerjaan dan Mesir yang telah menurunkan pajak atas industri-industri. (detik)

Share :

Baca Juga

Figur

Viral! Ternyata Ini Rahasia Kecantikan Dewi Sandra

Global

Virus Korona Mewabah, Belasan Produsen Mobil Dunia Tutup Pabrik di Tiongkok

Kesehatan

Ternyata Jenazah Korban Covid-19 Tidak Tularkan Virus. Jangan Ditolak!

Kesehatan

Hebat! Wardah Kosmetik Sumbang Rp 40 M untuk Tangani Corona

Kesehatan

Dinkes: Selain Jemaah Tabligh, Ada Klaster Aparat dalam Penyebaran Corona

Kesehatan

Keren, Tampilan Baju APD Buatan Indonesia yang Lolos Standar WHO

Kesehatan

Penularan Corona yang Meluas dan Tren Sembuh yang Naik

Kesehatan

Dalam Penjara, Siti Fadilah Peringatkan RI Jangan Beli Vaksin Corona Bikinan Bill Gates