Home / Inspiratif / Olahraga

Rabu, 22 April 2020 - 21:05 WIB

Rekam Jejak Dakwah Khabib Nurmagomedov dan Sitiran Ayat Alquran

Jakarta – Petarung seni beladiri bebas asal Rusia, Khabib Nurmagomedov, tidak hanya dikenal garang saat bertarung menghadapi lawan-lawannya. Ketika berada di luar ring octagon, Khabib dikenal sebagai sosok Muslim yang taat.

Gambaran Khabib sebagai sosok Muslim taat setidaknya tercermin dari postingan akun Instagramnya, khabib_nurmagomedov, yang banyak menyitir ayat Alquran. Di profil IG-nya, petarung UFC (Ultimate Fighting Championship) berusia 31 tahun ini menyitir surat Al Fatihah ayat 5.

إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ (”Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan”).

Belum lama ini, sekitar lima hari lalu, Khabib yang menguasai seni beladiri judo dan sambo ini memosting video murottal surat Al Baqarah ayat 155-156 lewat akun IG-nya.

وَلَنَبْلُوَنَّكُم بِشَىْءٍ مِّنَ ٱلْخَوْفِ وَٱلْجُوعِ وَنَقْصٍ مِّنَ ٱلْأَمْوَٰلِ وَٱلْأَنفُسِ وَٱلثَّمَرَٰتِ ۗ وَبَشِّرِ ٱلصَّٰبِرِينَ

الَّذِينَ إِذَا أَصَابَتْهُمْ مُصِيبَةٌ قَالُوا إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ

Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.

(yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun”. (Al Baqarah : 155-156).

Khabib sebelumnya juga memosting video murottal surat Al Buruj dari akun VideoKoran. Pada pertengahan tahun lalu, pemegang sabuk juara UFC kelas ringan ini memposting video murottal surat Al Mukminun ayat 1-11 yang dibacakan seorang qori cilik.

Baca  Viral! Istri Tukang Ayam Belikan Mobil Mewah Rp 800 Juta untuk Suami

Ada juga postingan video murottal surat At-Taubah ayat 24. Artinya yakni ‘”Katakanlah: jika bapak-bapak, anak-anak, saudara-saudara, istri-istri, sanak keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatirkan kerugiannya, dan tempat tinggal yang kamu sukai, adalah lebih kamu cintai dari Allah dan Rasul-Nya dan dari berjihad di jalan-Nya, maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusan-Nya. Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang fasik.’’

Dakwah ala Khabib

Berasal dari Dagestan (Rusia), Khabib dibesarkan dalam keluarga Islam. Menurut survei 2012 Proyek Arena, sebanyak 83 persen responden dari Dagestan diidentifikasi sebagai Muslim.

Pria yang sering mengenakan papakha (topi bulu khas Rusia) ini selalu bangga dengan agamanya dan tak sungkan menunjukkan identitas keislamannya. Khabib juga tidak pernah lupa untuk mengucapkan “alhamdulillah” dalam berbagai kesempatan wawancara, sebelum atau setelah pertandingan.

“Pertama yang harus katakan adalah Alhamdulillah. Tanpa Allah, kita ini bukan siapa-siapa. Tanpa Tuhan, kita tidak bisa mendapatkan apa-apa,” tegas Khabib seperti dikutip dari kanal Youtube resmi UFC.

Dakwah lewat Instagram yang dilakukan oleh petarung berjuluk the Eagle itu dikagumi oleh masyarakat dunia. Salah satunya adalah potongan video di akun Instagramnya yang memperlihatkan Khabib meminta seorang remaja membacakan ayat suci Alquran. Dalam video Khabib berada di dalam mobil, sementara anak kecil berada di luar. Anak lelaki itu pun membacakan surah Al-Waqiah dan Khabib tampak menikmati bacaan sang anak yang bagus.

Baca  Usai Menang, Gaethje Tantang Khabib. Begini Jawaban Khabib

Satu unggahan lain di Youtube menunjukkan Khabib tengah menyimak bacaan Alquran sepupunya yang masih kecil dan baru empat bulan belajar mengaji. Selain itu, di akun Instagram miliknya Khabib kerap mengunggah potongan-potongan ceramah dan kutipan-kutipan dari ayat suci Alquran.

Khabib juga mengunggah foto dirinya di depan bangunan suci umat Islam Ka’bah pada tahun lalu. “Aku sangat merindukan Mekkah,” tulis Khabib.

Khabib Bela Islam

Duel Khabib Nurmagomedov versus Conor McGregor pada perebutan gelar juara dunia kelas ringan Ultimate Fighting Championship (UFC) ke-229 di T-Mobile Arena, Las Vegas, Ahad (7/10/2018), banyak menyedot perhatian dunia. Meskipun akhirnya berhasil mempertahankan gelarnya, tindakan Khabib yang melompat keluar ring dan membuat keributan cukup disayangkan. Ia melompat hendak ‘menghajar’ teman McGregor, Dillon Danis.

Beberapa jam setelah kejadian tersebut, Khabib akhirnya muncul ke media dan meminta maaf. Ia mengakui tindakannya tak pantas, tetapi punya alasan kuat untuk berbuat itu.

Ia mengatakan, McGregor sudah melanggar batasan dengan mengejek ayahnya, negara asalnya, dan yang terpenting agamanya. McGregor menawarinya minuman beralkohol saat konferensi pers yang ditolak Khabib secara baik-baik. Pria Irlandia itu pernah memanggil manajer Khabib, Ali Abdelaziz, seorang teroris.

Baca  Aksi Keren Ronaldo, Beri Donasi ke Pemain yang Gajinya Tertunggak

Provokasi berlanjut saat sesi foto bersama. Belum lagi tindakan McGregor yang menyerang bus Khabib dan rombongannya membuat beberapa awak timnya terluka pada April 2018 lalu. Akumulasi berbagai hal itu membuatnya marah.

“Ini bukan olahraga sampah. Aku sudah memberi tahu kalian sebelumnya, aku ingin mengubah olahraga ini. Aku tidak ingin orang-orang berbicara tentang lawan, atau berbicara tentang ayahnya, seperti agama. Anda tidak dapat berbicara agama, Anda tidak dapat berbicara tentang bangsa–Anda tidak dapat berbicara tentang hal ini, ini sangat penting bagiku,” katanya dalam konferensi pers seusai pertarungan, dikutip dari Talksports, Senin (8/10).

Beberapa tahun sebelumnya, Khabib juga pernah melayangkan protesnya pada produsen video games EA Sports 2016. Dalam game UFC 2, karakter petarung Rusia itu dibuat melakukan selebrasi kemenangan dengan gerakan membentuk salib, yang dicirikan pada agama Kristen. Meskipun hanya dalam permainan, Khabib tetap mengecam kesalahan EA Sports tersebut.

“Saya adalah seorang Muslim dan tidak dibaptis. Tolong EA Sports perbaiki selebrasi setelah pertarungan saya. Saya memiliki banyak penggemar Muslim dan Anda harus menghormatinya,” tulis Khabib melalui akun Twitter miliknya pada 2016 lalu. (rep)

Share :

Baca Juga

Olahraga

Mike Tyson Ingin Naik Ring, Tujuh Calon Lawan Langsung Muncul

Inspiratif

Nenek 90 Tahun; Mandiri, Tetap Berjualan di Emperan Toko Sambil Mengaji

Inspiratif

Kisah Mengharukan! Jangan Terkecoh. Wabah Ini Sudah Ada di Sekitar Kita.

Olahraga

Mike Tyson Pamer Ilmu, Khabib Kagum sampai Keringat Dingin

Olahraga

Fenomena Dakwah Lewat Sepakbola, Inilah Biografi M. Salah Sang Mesin Gol

Olahraga

MotoGP 2020 Akan Digelar Tanpa Penonton

Olahraga

Holyfield Benarkan Negosiasi Lawan Tyson Sedang Berjalan

Olahraga

Medali Emas ke-65 Sea Games Filiphina Dipersembahkan Cabang Olahraga Catur