Home / Kesehatan

Rabu, 4 Maret 2020 - 12:59 WIB

Pasien Corona Bukan Orang Pertama yang Mengetahui Dirinya Terinfeski, Lalu Siapa?

BERITAWAJO.COM – Ternyata, pasien yang divonis terinfeksi virus corona bukanlah orang pertama yang mengetahui dirinya terinfeski, Lalu siapa?

Direktur Utama Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso, Mohammad Syahril menegaskan pihaknya tidak langsung memberikan informasi kepada dua pasien penderita COVID-19 (virus corona) terkait penularan yang menjadikan mereka dua kasus pertama di Indonesia. Katanya di RSPI Sulianti Saroso di Jakarta Utara, Rabu (4/3).

Syahril menjelaskan, pihaknya tak langsung memberi kabar kepada pasien yang positif terjangkit COVID-19 itu karena adanya aturan yang berlaku terkait wabah.

“Ini kan wabah, KLB (kejadian luar biasa). KLB wabah itu ada aturannya siapa yang harus berbicara pertama kali. Saya Dirut pun tidak boleh bicara, itu ada aturannya. Makanya luar biasa Presiden (Jokowi) sendiri yang umumkan,” ujarnya.

Dia pun mengatakan pihaknya tidak memberi tahu kedua pasien dalam kasus-1 dan kasus-2 virus corona di Indonesia tersebut, sebelum Presiden Joko Widodo mengumumkan hal tersebut pada Senin (2/3) lalu.

“Itu sudah ada undang-undangnya dan kami pun tidak memberi tahu pasien dahulu sebelum presiden berbicara. Setelah itu kami kasih tahu,” ujarnya lagi.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo melaporkan dua kasus virus corona pertama di Indonesia pada Senin (2/3) lalu.

Kedua pasien, kasus 1 dan kasus 2, merupakan WNI yang berdomisili di Indonesia dan sempat melakukan kontak dengan seorang warga negara Jepang yang dinyatakan positif menderita virus corona saat kembali ke negara domisilinya di Malaysia, usai berkunjung ke Jakarta.

Share :

Baca Juga

Kesehatan

Breaking News: Bertambah 13, Pasien Positif Virus Corona di Indonesia Jadi 19 Orang

Kesehatan

Mengerikan, Ternyata Ini 5 Bahaya Smartphone Bagi Anak!

Global

Virus Corona; Teguran Tuhan Terkait Uighur?

Kesehatan

JK Prediksi Normal Baru Bisa Minimal Tiga Tahun Kedepan, Begini Hitungannya

Kesehatan

Ngeri! Hasil Studi: Kasus Corona di Indonesia Sebenarnya Mencapai 34.300 Pasien

Kesehatan

Waduh! Terungkap, 238 WNI dari Wuhan Tak Dites Virus Corona, Alatnya Mahal

Kesehatan

Kelas Peserta BPJS Kesehatan Bakal Dihapus! Setuju Nggak?

Global

Dua Kasus Baru Corona di Saudi; Pasien Terjangkit Setelah dari Iran dan Irak