Home / Nasional

Kamis, 21 Mei 2020 - 19:22 WIB

MUI Jatim Sesalkan Petugas PSBB, Kasari Habib Umar Assegaf Bangil

Ketua MUI Jatim Abdusshomad Bukhori (Foto: Faiq Azmi/detikcom)

Ketua MUI Jatim Abdusshomad Bukhori (Foto: Faiq Azmi/detikcom)

Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur, Ainul Yaqin, menyayangkan sikap salah satu petugas Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang terlibat adu pukul dengan Habib Abdullah Umar Assegaf Bangil di check point Exit Tol Satelit Surabaya, Jawa Timur, pada Rabu, 20 Mei 2020. Ainul berpendapat, semestinya petugas PSBB bersikap persuasif, bukan malah meladeni emosi Habib Umar.

“Mestinya aparat di lapangan itu harus secara persuasif memberikan komunikasi dengan baik. Tapi dengan kejadian kemarin dengan Habib Umar, sangat kami sayangkan,” kata Ainul Yakin dihubungi wartawan pada Kamis, 21 Mei 2020.

Baca  THR ASN Dipotong, Pemerintah Hemat Belanja Rp 5,5 Triliun

Apalagi, lanjut Ainul, Habib Umar merupakan tokoh masyarakat yang dihormati dan memiliki pengikut yang banyak. Petugas di lapangan mestinya memahami itu dengan melihat cara berpakaian dan usia secara fisik pria yang ditegur. “Habib Umar itu kan sepuh, aparat paham beliau menggunakan pakaian seperti itu, berarti bukan orang sembarangan,” tandasnya.

Sikap yang kurang persuasif oleh petugas, papar Ainul, bisa menimbulkan konflik karena kemarahan pengikut Habib Umar. “Karena itu begitu kami tahu ada informasi itu, kami langsung berkoordinasi dengan pihak pemerintah, terutama kepolisian untuk melakukan mediasi,” ujar Ainul.

Baca  Sandiaga Kecewa pada Pemerintah yang Sibuk Siapkan Anggaran untuk Influencer Asing Daripada Menyiapkan Tenaga Medis

Dengan insiden itu, Ainul meminta pemerintah dan aparat penegak hUkum mengevaluasi pelaksanaan PSBB di lapangan. “Bagaimana petugas di lapangan betuL-betul dilengkapi dengan human relation, pendekatannya harus dengan persuasif,” tandasnya.

Sebelumnya, sebuah video yang menggambarkan seorang pria yang belakangan diketahui Habib Umar Assegaf Bangil terlibat adu pukul dengan petugas berseragam Satuan Polisi Pamong Praja viral di media sosial. Dalam video, Habib Umar emosi dan menolak memutarbalik mobil Toyota Camry bernopol N1B-nya karena dianggap melanggar PSBB oleh petugas. (vn)

Baca  Din Syamsuddin: Jangan Larang Umat ke Masjid, Tapi Izinkan Orang Menumpuk di Bandara

Share :

Baca Juga

Nasional

Jokowi Mengatakan Klorokuin Bisa Sembuhkan Pasien Corona, Kominfo Langsung Ralat. Sumule; Sebar Hoax Dong?
Jangan Tergesa Bilang Corona Menurun

Nasional

Peneliti Eijkman: Pemerintah Jangan Tergesa Bilang Corona Menurun

Nasional

Ringankan Beban di Tengah Pandemi, Mestinya Harga BBM Turun

Nasional

Pengamat Politik Sebut, Manuver Paloh Wujud Kekecewaan Atas Hal-hal Ini

Nasional

Strategi Perang Corona Jusuf Kalla: Selamatkan Nyawa Baru Selesaikan Ekonomi

Global

Enam Pengusaha Besar China Siap Bangun Kawasan Industri Takalar

Nasional

Duta Besar India Mengecam Aksi Pembakaran Bendera India

Nasional

Cara Kembalikan Akun WhatsApp yang Dibajak