Home / Nasional

Kamis, 21 Mei 2020 - 19:22 WIB

MUI Jatim Sesalkan Petugas PSBB, Kasari Habib Umar Assegaf Bangil

Ketua MUI Jatim Abdusshomad Bukhori (Foto: Faiq Azmi/detikcom)

Ketua MUI Jatim Abdusshomad Bukhori (Foto: Faiq Azmi/detikcom)

Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur, Ainul Yaqin, menyayangkan sikap salah satu petugas Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang terlibat adu pukul dengan Habib Abdullah Umar Assegaf Bangil di check point Exit Tol Satelit Surabaya, Jawa Timur, pada Rabu, 20 Mei 2020. Ainul berpendapat, semestinya petugas PSBB bersikap persuasif, bukan malah meladeni emosi Habib Umar.

“Mestinya aparat di lapangan itu harus secara persuasif memberikan komunikasi dengan baik. Tapi dengan kejadian kemarin dengan Habib Umar, sangat kami sayangkan,” kata Ainul Yakin dihubungi wartawan pada Kamis, 21 Mei 2020.

Baca  Pemerintah Mengenai Warga di Bawah 45 Tahun Boleh Beraktivitas

Apalagi, lanjut Ainul, Habib Umar merupakan tokoh masyarakat yang dihormati dan memiliki pengikut yang banyak. Petugas di lapangan mestinya memahami itu dengan melihat cara berpakaian dan usia secara fisik pria yang ditegur. “Habib Umar itu kan sepuh, aparat paham beliau menggunakan pakaian seperti itu, berarti bukan orang sembarangan,” tandasnya.

Sikap yang kurang persuasif oleh petugas, papar Ainul, bisa menimbulkan konflik karena kemarahan pengikut Habib Umar. “Karena itu begitu kami tahu ada informasi itu, kami langsung berkoordinasi dengan pihak pemerintah, terutama kepolisian untuk melakukan mediasi,” ujar Ainul.

Baca  Bukan Cuma Ojol, Puluhan Ribu Angkutan 'Nganggur' Efek PSBB

Dengan insiden itu, Ainul meminta pemerintah dan aparat penegak hUkum mengevaluasi pelaksanaan PSBB di lapangan. “Bagaimana petugas di lapangan betuL-betul dilengkapi dengan human relation, pendekatannya harus dengan persuasif,” tandasnya.

Sebelumnya, sebuah video yang menggambarkan seorang pria yang belakangan diketahui Habib Umar Assegaf Bangil terlibat adu pukul dengan petugas berseragam Satuan Polisi Pamong Praja viral di media sosial. Dalam video, Habib Umar emosi dan menolak memutarbalik mobil Toyota Camry bernopol N1B-nya karena dianggap melanggar PSBB oleh petugas. (vn)

Baca  Beredar Foto Pelat Nomor Mobil Habib Umar Assegaf Palsu, Polisi: Hoax

Share :

Baca Juga

Nasional

Kemenaker: Kami Tak Bisa Tolak Izin 500 TKA China di Sultra

Nasional

Kritik Penanganan Corona, Faisal Basri: Komandannya Luhut atau Siapa?

Nasional

Dahlan Iskan: Bersyukur Ada Wabah Corona? Rakyat Kecil Bisa Bersedekah ke Pertamina

Nasional

Cegah Penyebaran Corona, Sandiaga Canangkan Gerakan Nasional Masker

Nasional

Din: Umat Islam Tak Perlu Balas Konser dengan Buka Masjid

Nasional

MUI Desak Jokowi Tolak TKA China Masuk ke Indonesia
Luhut pun Banjir Dukungan

Nasional

Said Didu Tolak Minta Maaf, Kubu Luhut: Kita Tunggu Sajalah!

Nasional

Ahok Calon Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara Baru, Ini Kata Sandiaga!