Home / Nasional

Senin, 18 November 2019 - 05:00 WIB

Menag Fachrul Razi: Jadilah Penceramah yang Menyejukkan

BERITAWAJO.COM, BANDA ACEH – Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengimbau para penceramah agama menyampaikan materi yang menyejukkan masyarakat.

Jangan sampai penceramah membodohi dan memprovokasi masyarakat karena hanya akan menimbulkan perpecahan bangsa dan bernegara.


Foto Istimewa

“Jadilah penceramah yang menyejukkan semua umat. Sampaikan tafsir agama secara kontekstual,” kata dia di Banda Aceh, Minggu (17/11).

Fachrul Razi menyampaikan hal tersebut dalam pertemuan dan silaturahim dengan ulama Aceh dan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh yang dipusatkan di Asrama Haji Banda Aceh.

Dikatakan Fachrul Razi, Indonesia negara majemuk yang kaya dengan keberagaman umat beragama. Keberagaman itu harus terus dijaga dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Oleh karena itu, ia mengajak para penceramah menyampaikan materi ceramah agama dengan kedamaian serta menghindari penyampaian yang menjurus provokatif.

“Misalnya, ada ayat agama yang disampaikannya betul, dalilnya betul, tetapi kontekstualnya tidak benar. Ini membahayakan. Penceramah ataupun dai harus memiliki sensitivitas tinggi serta memahami bahwa Indonesia merupakan bangsa yang majemuk,” kata Fachrul Razi.

Purnawirawan jenderal TNI tersebut menegaskan, jika ada penceramah agama yang dalam ceramah menjurus ke provokasi akan diingatkan. Kalau memang masih provokatif, kata dia, akan dipanggil dan dibina. Namun, jika tetap saja tidak melakukan perubahan, tentu akan ada aturan hukum yang dikenakan.

“Kami juga akan memberikan pembekalan kepada penceramah agama menyangkut nasionalisme dan wawasan kebangsaan. Namun, ini hanya bagi mereka yang mau saja. Yang tidak mau, ya tidak apa-apa,” kata Menag Fachrul Razi.

Demikian berita ini dikutip dari FAJAR.CO.ID untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

Share :

Baca Juga

Nasional

Sebut PDIP Partai Wong Cilik, Ini Sesuatu yang Diharap Pentolan Honorer K2

Nasional

Endus Harun Masiku di PTIK, Penyidik KPK Malah Digeledah hingga Dites Urine Polisi

Nasional

Ini Jawaban Misnah Soal Pengunduran Dirinya dari Ketua KPU

Nasional

fyn dan ftv Jadi Kata Kunci Paling Dicari

Nasional

Menpan RB Tjahjo Kumolo: Kebijakan PPPK Belum Ada Ya

Nasional

Berani Buka Segel Kantor DLH Parepare, Nyawa Taruhannya

Nasional

Indonesia Melorot ke Posisi ke-4 Perolehan Medali SEA Games, Hanya Tambah 4 Emas Hari Ini

Nasional

Kecurigaan Mahfud MD Soal Skandal Jiwasraya dan Asabri