Home / Global

Minggu, 29 Maret 2020 - 00:10 WIB

Masya Allah! Tak Seperti Biasanya, Kini Adzan Menggema di Jerman Kala Pandemi Corona

BERITAWAJO.COM – Untuk pertama kalinya dalam 12 tahun, panggilan untuk shalat dari menara Masjid Pusat Duisburg di Jerman terdengar. Masjid ini dibuka pada 2008.

Seperti dikutip dari laman media perantuan Indonesia, Surat Dunia’ (28/3), adanya hal itu ternyata atas permintaan, ketua asosiasi negara DITIB NRW, Hülya Ceylan. Dia mengatakan bila ia telah menerima tawaran dari gereja-gereja tetangga untuk secara terbuka menyerukan doa.

Baca  Masjid Al Aqsa Tutup Akibat Wabah, Ramadhan di Palestina Terasa Sedih

“Di seluruh Jerman, gereja-gereja mulai membunyikan lonceng pada pukul 19:00. Hal ini dilakukan sebagai bentuk solidaritas dengan umat karena tempat ibadah kini ditutup akibat wabah Corona yang melanda Jerman,” katanya.

Menurutnya, pihak gereja di lingkungan wilayah Duisburg sempat ditanya soal kesedian mengenai keinginan untuk ikut dalam kampanye solidaritas kaum beragama atas pandemi Corona.

“Kami menyatakan bahwa kami juga ingin ikut mendukung komunitas Muslim secara spiritual melalui panggilan untuk berdoa. Jadi panggilan azan ini bertujuan untuk berdoa sebagai tanda solidaritas,” tegas Ceylan.

Baca  Arab Sumbang 20 Ton Alat Medis untuk Indonesia Tangani Corona

Selama krisis Corona, panggilan untuk shalat akan didengar di depan umum di Masjid Pusat Duisburg. Tujuannya adalah untuk menunjukkan solidaritas dengan komunitas Muslim.

Seorang warga Indonesia yang tinggal di Jerman, Ron Oesman, membenarkan hal itu ketika Republika.co.id menanyakan kebenaran berita itu. Dia mengatakan memang untuk pertama kalinya, yakni di tengah pandemi Corona, adzan boleh diperdengarkan secara bebas di Jerman. Sebab, selama ini memang tak diperbolehkan sehingga adzan hanya di dengar di ruang masjid tertutup.

Baca  Sekolah Islam di Inggris Menempati Peringkat Tertinggi Kinerja Sekolah

“Ya memang kali ini ada menara masjid yang mengumandangkan adzan secara terbuka. Saya tahu itu. Dan ini memang untuk pertama kalinya,” kata Ron Oesman.

Share :

Baca Juga

Global

Pelajaran! New Normal Ala Swedia Berakhir Gagal Total

Global

Satu Lagi Negara Tertipu Pemasok Tes Cepat Impor dari China
China Sembunyikan Info Corona

Global

Breaking News! Dokumen Intelijen Bocor, Fakta China Sembunyikan Info Corona Terungkap

Global

Politikus Ini Bikin Geger Minta Puasa Ramadan Ditangguhkan

Global

160 Paspampres Filipina Positif Rapid Tes COVID-19, Bagaimana Kabar Presiden Duterte?

Global

Mantan Pejabat CIA Curiga; Corona Adalah Produk Virus untuk Perang Biologis

Global

China Akan Bor Minyak di Laut Sengketa, AS dan Australia Kirim Kapal Perang

Global

Brigadir Jenderal Esmail Qaani Jadi Komandan Pasukan Elit Quds, Ini Ancamannya