Home / Politik

Senin, 1 Juni 2020 - 00:05 WIB

Mahfud MD Tertawakan Fadli Zon dan Rizal Ramli Puji Mahfud MD

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menertawan anggota DPR RI Fadli Zon lewat cuitan di akun Twitternya, Minggu (31/5).

Postingan Mahfud itu merespons cuitan @fadlizon yang mengunggah berita pernyataannya berjudul “Mahfud Singgung RUU HIP, Fadli: Hari Gini Masih Bicara Haluan Ideologi Pancasila”.

“Hahaha, Bung Fadli. Yang usul RUU HIP itu lembaga Anda. DPR yang usul, termasuk Gerindra, bukan Pemerintah,” tulis @mohmahfudmd.

“Kalau Anda keberatan hari gini masih bicara haluan ideologi, seharusnya Anda yang ada di DPR menolak RUU itu disahkan untuk dijadikan usul inisiatif DPR. Selamat idul fitri ya,” sambung Guru Besar Hukum Tata Negara itu.

Baca  Pandemi, PDIP Akan Tetap Gelar Doa Bersama di Makam Bung Karno

Cuitan Mahfud lantas dipuji netizen; Good Job Pak @mohmahfudmd, @fadlizon kena KICK MAHFUD! Namun demikian, Mahfud buru-buru mengklarifikasi bahwa dirinya tidak bermaksud demikian terhadap Fadli Zon.

“Saya tak bermaksud dan tak ada guna ngekick @fadlizon. Tetapi saat webinar dengan rektor-rektor UIN kemarin ada yang resah karena ada RUU HIP. Saya bilang kita akan mengawal agar RUU HIP tak membuka pintu bagi komunisme. Eh Fadli Zon menyoal RUU HIP itu. Maka saya bilang, loh RUU itu usul DPR. Dia kan di DPR,” demikian Mahfud menjelaskan.

Keberadaan RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP) memang jadi sorotan publik pascadisahkan menjadi RUU inisiatif dewan pada rapat paripurna 12 Mei 2020 lalu. Pasalnya, RUU ini tidak mencantumkan TAP MPRS Nomor : XXV Tahun 1966 tentang pembubaran dan pelarangan PKI di Indonesia.

Baca  Pemerintah Diminta Tuntut China soal Mayat ABK WNI Dibuang ke Laut

Rizal Ramli Puji Mahfud MD

Lain halnya dengan Mantan Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli, dia melontarkan pujian buat Prof Mahfud MD yang menurutnya berbicara benar.

Pujian disampaikan Rizal Ramli lewat akun Twitter-nya, merespons pemberitaan Menko Polhukam Mahfud MD mendorong pengusutan terhadap pelaku teror dan pengancaman pada panitia diskusi di Yogyakarta.

“Sudah lama Mas Mahfud tidak ngomong benar, tapi kali ini saya salute,” cuit @RamliRizal, Minggu (31/5), sembari menautkan berita berjudul “Mahfud Md.: Usut Peneror Panitia Diskusi Mahasiswa FH UGM”.

Baca  Riza Patria Jadi Wagub DKI, Ini Pesan dari Prabowo

Pemberitaan tempo.co itu memuat pernyataan Mahfud yang menyesalkan kecaman terhadap diskusi mahasiswa Constitutional Law Society (CLS) Fakultas Hukum Universitas Gadjag Mada (UGM), Jumat, 29 Mei 2020.

Mahfud yang juga Guru Besar Hukum Tata Negara, berharap peneror panitia diskusi FH UGM segera ditangkap.

“Yang meneror panitia itu bisa dilaporkan kepada aparat dan yang diteror perlu melapor. Aparat wajib mengusut siapa pelakunya,” ucap Mahfud.

Diketahui, diskusi CLS FH UGM yang akhirnya dibatalkan itu mengangkat tema “Persoalan Pemecatan Presiden di Tengah Pandemi Ditunjau dari Sistem Ketatanegaraan”. (jpnn)

Share :

Baca Juga

Politik

Ahmad Riza Jadi Calon Wakil, Politikus Gerindra Bela Anies Baswedan

Politik

PDIP Nilai Anies Lamban Baru Berlakukan PSBB di DKI Jumat

Politik

Ma’ruf Amin dan Habib Luthfi Disentil soal Pengangkatan Iman Brotoseno

Politik

DPRD Justru Salahkan Risma: Seharusnya Surabaya Beli Mobil PCR Sendiri

Politik

PKS, Demokrat, dan PAN Desak Jokowi Batalkan Kenaikan BPJS

Politik

Majalah Terkemuka Inggris Sebut Anies Saingan Baru Jokowi

Politik

PBNU Minta Pemerintah Batalkan Pelatihan Online Kartu Prakerja

Politik

Klarifikasi Said Didu Sudah Dibaca Luhut, Jubir: Mungkin Memang Kita “rada-rada dungu” Ini Minta Maaf atau Apa?