Home / Nasional

Jumat, 22 Mei 2020 - 17:19 WIB

Luhut Buka-bukaan Menjelaskan Maksud Jokowi Berdamai dengan Corona

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan masyarakat Indonesia harus berdamai dengan wabah Corona. Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pun menjelaskan maksud pernyataan Jokowi tersebut.

Menurut Luhut, berdamai dengan Corona adalah patuh terhadap protokol kesehatan. Dia menegaskan pola hidup masyarakat pun harus berubah lebih sehat dan bersih. Hal ini dikatakan Luhut dalam pertemuannya dengan rektor-rektor Universitas Islam Negeri dan Perguruan Tinggi lainnya, seperti dikutip dari keterangan tertulis Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Jumat (22/5/2020).

Baca  Mantan Suami Menhan, Ini Doa Titiek Soeharto untuk Prabowo

“Berdamai itu maksudnya adalah tetap patuh terhadap protokol kesehatan. Pola hidup masyarakat pun harus banyak berubah, harus berpola hidup lebih bersih dan lebih sehat. Saya mohon ini benar-benar disosialisasikan, terutama kepada para mahasiswa untuk disampaikan kepada masyarakat,” terang Luhut (22/5/2020).

Luhut menambahkan setiap kebijakan mengenai penanganan virus Corona telah diambil secara sangat hati-hati oleh pemerintah. Dinamika yang terjadi menurutnya menuntut pemerintah untuk menyesuaikan keputusan di sana-sini.
Baca juga: Berdamai dengan Corona Alternatif Terbaik?

Baca  Tolak Ajakan Berdamai Jokowi, Muhammadiyah Terus Lawan Corona

Dia menegaskan kebijakan pemerintah tetap konsisten dan tidak berubah-ubah. Belum lagi wabah ini memang baru pertama kali terjadi, pemerintah belum ada pengalaman menanganinya.

“Pemerintah bukannya tidak konsisten dan berubah-ubah, tetapi dinamika COVID-19 harus disesuaikan, karena kita belum ada pengalaman dan perlu kehatian-hatian dalam mengambil keputusan,” jelas Luhut.

Sebelumnya, Jokowi mengatakan kemungkinan kasus Corona di Indonesia masih bisa naik dan turun secara fluktuatif. Jokowi mengatakan sebelum ada vaksin Corona, masyarakat harus berdamai dengan virus ini.

Baca  Tidak Terima LBP Diserang, Luluk Harijanto Akan Datang Ke Acara Said Didu

“Ada kemungkinan masih bisa naik lagi, atau turun lagi, naik sedikit lagi, dan turun lagi, dan seterusnya. Artinya, sampai ditemukannya vaksin yang efektif, kita harus hidup berdamai dengan COVID untuk beberapa waktu ke depan,” ujar Jokowi dalam video yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (7/5/2020). (hns)

Share :

Baca Juga

Nasional

Oknum Mahasiswi Tawarkan Temannya ke Lelaki Hidung Belang, Tarif Rp700 Ribu Kencan Singkat
Terima 500 TKA China

Nasional

Fadli Zon Semprot Kemenaker Terima 500 TKA China: Negara Ini Milik Siapa?

Nasional

Tak Hanya Mengkritisi, Sandiaga Uno Akan Menanggung Biaya Kebutuhan Pasien Hingga Sembuh

Nasional

Nasional

Sebut Konstitusi di Atas Kitab Suci, Anggota Komisi VIII Minta Kepala BPIP Berhenti Bikin Gaduh

Nasional

Rizal Ramli Menangis, Minta Pak Jokowi Hentikan Proyek Ibu Kota Baru

Nasional

Hamil Lalu Buang Bayi, Sepasang Pelajar SMP Ditangkap Polisi

Nasional

Rizal Ramli Ingatkan Jokowi: Nyawa Lebih Penting dari Proyek!