Home / Islam

Minggu, 5 April 2020 - 19:21 WIB

Lagu Populer Aisyah Istri Rasulullah Tuai Kontroversi, Apa Kata Buya Yahya?

BERITAWAJO.COM – Grup musik Sabyan Gambus sedang ramai diperbincangkan. Hal ini lantaran lagu Aisyah Istri Rasulullah yang dicover mereka menjadi trending topik di Youtube Indonesia.

Lagu ini menceritakan sosok Aisyah yang sangat dicintai Rasulullah. Alunan musik yang syahdu membuat banyak orang merinding mendengarnya.

Kepopuleran lagu Aisyah Istri Rasulullah itu pun mendapat banyak komentar, termasuk Buya Yahya. Dikutip dari Solopos.com, Pengasuh Lembaga Pengembangan Da’wah dan Pondok Pesantren Al Bahjah di Cirebon, Jawa Barat, itu menilai ada beberapa kesalahan dalam lagu tersebut.

Meski demikian dia tidak berkenan jika ada orang yang menyalahkan si penggubah syair lagu Aisyah Istri Rasulullah. Sebab, dia yakin orang tersebut berniat baik membuat lagu tentang sosok Sayyida Aisyah.

Baca  Fahira Idris Akan Melaporkan Balik Muanas Alaidid ke Polisi

“Kita masih husnudzon, semoga yang membuat lagu ini berniat baik. Insyaallah niatnya baik untuk mengangkat sosok Siti Aisyah. Tapi memang ada provokasi,” terang Buya Yahya lewat video di channel Youtube-nya, Jumat 3 April 2020.

Buya Yahya memaklumi adanya kesalahan dalam syair lagu Aisyah Istri Rasulullah. Meski demikian, dia mendoakan si penggubah lirik mendapat pahala.

“Kalau benar syair yang itu, yang disenandungkan itu, semoga yang membuat syair mendapat pahala yang besar dari Allah karena niatnya baik. Adapun terkait ada kekurangan, itu sifat manusiawi. Yuk kita sempurnakan, tidak perlu kita menghujat,” sambung dia.

Baca  Ternyata Tidak Semua, Ini 5 Syarat Korban Corona Bisa Dapat Keringanan Cicilan Kredit

Buya Yahya menjelaskan, umat Islam semestinya tidak membayangkan bentuk fisik istri Nabi Muhammad, termasuk Aisyah, lantaran posisinya sebagai ummahatul mu’minin alias ibunya orang muslim.

“Jangan sampai kita menyifati jasad. Itu ibunda kita. Kalau ada pikiran tentang jasad maka tepis itu,” terang dia.

Sarankan Ubah Lirik

Padahal, lirik lagu Aisyah Istri Rasulullah, menggambarkan bentuk fisik Sayyida Aisyah. Hal itulah yang disebut sebagai kekeliruan oleh Buya Yahya.

Dia menyarankan lirik lagu Aisyah Istri Rasulullah digubah kembali dengan menonjolkan sifat Aisyah. Mulai dari cerdas hingga penuh kasih sayang. Bukan malah menonjolkan bentuk fisiknya.

Baca  KH. Marfu Muhyidin Ilyas, Mengungkap Prediksi Corona Berdasarkan Perspektif al-Quran

“Bait pertama mulia indah berseri, boleh tengahnya diganti sejuk wajahnya. Tidak perlu menyebutkan bentuk fisiknya. Semoga yang mendengar yang menyenandungkan syair itu ada niat untuk menggubah. KKalau ada kesalahan ayo kita perbaiki bersama,” terang Buya Yahya.

Ulama bernama lengkap Yahya Zainul Ma’arif menyebut ada video klip penyanyi lagu Aisyah Istrri Rasulullah yang kurang tepat. Sebab video klip itu menampilkan seorang wanita berdandan yang membuat orang berpikir seolah-olah seperti itulah sosok Sayyida Aisyah.

“Maaf, ada video yang su’ul adab. Menampilkan perempuan berdandan, seolah-olah Siti Aisyah seperti itu. Ini sebenarnya tidak tepat,” tandasnya.

Sumber

Share :

Baca Juga

Islam

Dosen Katolik Ini Akui Kebenaran Nabi Muhammad saw soal Mencegah Corona

Islam

Ustadz Adi Hidayat: Jenazah Pasien Covid-19 Syuhada, Tidak Boleh Ditolak

Islam

UAS Mengatakan Virus Corona Tentara Allah. Beda dengan Pendapat Quraish Shihab

Islam

Apakah Wajar Mengikuti Arahan Pemerintah Supaya Tidak Salat Berjamaah? Ini Jawaban UAS
APAKAH UAS ADA RENCANA MENIKAH LAG-min

Islam

Saat UAS Ditanya, Apa Sudah Ada Rencana Nikah Lagi? Ini Jawaban UAS

Islam

Relawan Jokowi Ini Minta MUI Keluarkan Fatwa Tak Puasa di Saat Corona

Islam

DPR Restui Kemenag Pakai Dana Haji APBN untuk Atasi Corona

Islam

MUI: Meskipun Pandemi Corona Puasa Ramadhan Tak Bisa Diganti Fidiah!