Home / Nasional

Senin, 18 November 2019 - 16:36 WIB

Kumpulan Ceramah Zainuddin Mz – Dengar Online

Sekilas Biografi Zainuddin MZ

Kiai Haji Zainuddin Hamidi atau dikenal sebagai K.H. Zainuddin MZ (lahir di Jakarta, 2 Maret 1952 – meninggal di Jakarta, 5 Juli 2011 pada umur 59 tahun) yakni seorang pemuka agama Islam di Indonesia yang terkenal melalui ceramah-ceramahnya di radio dan televisi. Julukannya yakni “Da’i Sejuta Umat” alasannya yakni dakwahnya yang sanggup menyentuh seluruh lapisan masyarakat.

Zainuddin merupakan anak tunggal buah cinta pasangan Turmudzi dan Zainabun dari keluarga Betawi asli. Sejak kecil memang sudah nampak ahli berpidato. Udin -nama panggilan keluarganya- suka naik ke atas meja untuk berpidato di depan tamu yang berkunjung ke rumah kakeknya. ‘Kenakalan’ berpidatonya itu tersalurkan ketika mulai masuk Madrasah Tsanawiyah sampai selesai Madrasah Aliyah di Darul Ma’arif, Jakarta. Di sekolah ini ia berguru pidato dalam lembaga Ta’limul Muhadharah (belajar berpidato). Kebiasaannya membanyol dan mendongeng terus berkembang. Setiap kali tampil, ia memukau teman-temannya. Kemampuannya itu terus terasah, berbarengan ajakan ceramah yang terus mengalir.

Banyak orang yang menerka nama MZ di belakang nama Zainuddin yakni ‘Memang Zainuddin’. Ada juga yang menyebut MZ yakni kepanjangan dari Mohammad Zein. Namun semua dugaan itu terbantahkan. Lalu apa arti MZ?

“MZ itu diambil dari nama ayah Zainuddin. Nama ayahnya Turmudzi. Huruf M dan Z nya yang diambil menjadi nama belakang pak Zainuddin,” ujar ajun dai sejuta umat Zainuddin MZ, H Fatulloh dikala berbincang dengan detikcom, Rabu (6/7/2011).

Kumpulan Rekaman Ceramah K.H. Zainuddin MZ



Share :

Baca Juga

Nasional

Fikih Siyasah – Daftar Link

Nasional

IPMA 2020: Harian Fajar Koran Terbaik Regional Sulawesi

Nasional

Yuk! Berkunjung Ke Rumah Rasulullah, Sang Referensi Terbaik Umat

Nasional

Anggaran Alutsista dan Kesejahteraan Prajurit TNI, Ini Peringatan Prabowo Subianto

Nasional

Foto-Foto Inspiratif Muslim Sholat

Nasional

Pelaku Penyiram Novel Ditengarai Menyerahkan Diri, Kuasa Hukum Ungkap Sejumlah Kejanggalan

Nasional

Yusril Minta Indonesia Segera Lockdown: Corona Makin Parah Jika Telat Dilakukan

Nasional

Pengawai KPK Beralih Jadi PNS, KPK Usul Proses Tes