Home / Global

Jumat, 22 Mei 2020 - 16:44 WIB

KFIR, Pasukan Kilat Israel yang Sering Dijuluki Tentara Dajjal

KFIR Brigade atau Brigade KFIR, adalah unit khusus di dalam elemen Angkatan Bersenjata Israel yang dibentuk pada 2005. KFIR merupakan pasukan kilat Israel yang dijuluki tentara Dajjal. Unit infanteri ini fokus pada perang kota dan serangan kilat ke jantung pertahanan musuh. Kehadiran KFIR Brigade untuk menghadapi Hamas dan Palestina.

Mengutip situs Idf.il, Jumat, 22 Mei 2020, Brigade KFIR bertugas untuk melawan kegiatan teror Palestina di Tepi Barat (West Bank) selama lebih dari satu dekade. Namun, tugasnya kini diperluas hingga sepanjang perbatasan Jalur Gaza (Gaza Strip). KFIR berada di bawah Komando Divisi 162 (Utzvat Haplada).

Ciri khas dari KFIR Brigade adalah melakukan manuver atau pergerakan secara penuh saat melakukan operasi militer, serta ahli perang kota. Unit ini mendapat sokongan alat utama sistem persenjataan (alutsista) canggih. Sebut saja pesawat nirawak (drone), rudal yang dipandu dengan presisi dari AS dengan baterai pertahanan udara tambahan.

Baca  Parah! AS Klaim China Jual Alat Medis Sumbangan Italia ke Italia Lagi

Selanjutnya, melansir situs Times of Israel, unit khusus termuda di militer Israel itu memiliki lima batalyon, yaitu Batalyon Nachshon (ke-90), Batalyon Shimshon (ke-92), Batalyon Haruv (ke-93), Batalyon Duchifat (ke-94), dan Batalyon Netzah Yehuda (ke-97).

Prajurit yang direkrut KFIR berasal dari satuan elit lainnya, seperti Sayeret Oketz (unit K-9 khusus) atau Sayeret Lotar (unit anti-terorisme khusus). Mereka harus menyelesaikan delapan bulan latihan berat.

Baca  Heboh Air Sungai di Israel Seperti Darah, Pertanda Bencana Besar?

Empat bulan pertama didedikasikan untuk pelatihan dasar di mana para prajurit belajar disiplin dan diperkenalkan dengan kebugaran fisik serta penggunaan berbagai jenis senjata.

Empat bulan kedua mereka langsung diterjunkan ke medan pelatihan perang kota, pemanfaatan persenjataan canggih, pertempuran dari pengangkut personel lapis baja, hingga perang nuklir, biologi dan kimia (nubika). Bagi mereka yang tidak lulus proses seleksi akan tetap melayani unit khusus ini namun pada bagian administrasi.

Selain latihan perang kota dan gerilya dengan spesialisasi perang yang kompleks, Brigade KFIR mudah dikenali dari ciri-cirinya yang khas, yakni mengenakan baret kamuflase dan sepatu bot berwarna merah. Saat bertugas di lapangan, mereka akan beroperasi di bawah Komando Pusat Markas Besar Angkatan Bersenjata Israel.

Baca  Ada Virus Corona di Kantor PM Israel, Kondisi Netanyahu Masih Misterius

Emblem KFIR Brigade juga menempel di seragam, topi, baret, dan alutsista mereka. Lantas, benarkah unit ini merupakan perwujudan tentara Dajjal?

Karena sistem huruf Ibrani, bahasa Yahudi, tidak mengenal huruf hidup maka tulisan latin yang digunakan adalah ‘KFR’ yang jika diartikan secara bebas sebagai simbolisasi ‘Ka-Fa-Ra’ atau ‘Kafir’. Dalam bahasa Ibrani, KFIR artinya Singa atau The Lion. Ada juga yang menganggap bahwa pasukan tersebut sebagai ‘Singa Muda’, karena unitnya yang baru dibentuk. (viva)

Share :

Baca Juga

Global

Ngeri! Putus Mata Rantai Virus Corona, Pejabat Korut Ditembak Mati

Global

Khawatir Virus Corona, Presiden Filipina Pecat Pejabat yang Mengizinkan Warga China Masuk ke Negaranya

Global

Terbongkar! Lab Virus Wuhan Masih Simpan 1500 Virus Mematikan, Diungkap Peneliti Senior
Corona amerika memburuk

Global

Kondisi Amerika Memburuk, Jumlah Penderita Corona Melampaui Korea Selatan dengan 9.415 Orang Terinfeksi

Global

Ajak Semua Orang Kembali Pada Tuhan, Trump Tetapkan Hari Berdoa Nasional

Global

Warga Belanda Kutip Ayat al-Quran, al-Maidah 32, Dukung Dokter dan Perawat Pasien Corona

Global

Italia Catat Penurunan Kasus Infeksi Virus Corona 2 Hari Berturut-turut

Global

1.247 Warga Tiongkok Dapat Izin Tinggal Terpaksa di Indonesia, 118 WNA Ditolak Masuk