Home / Olahraga

Kamis, 14 Mei 2020 - 06:28 WIB

Kapten Timnas Voli: Gaji April Tak Dibayar, Bisnis Hijab Tutup

Tidak ada pertandingan. Banyak latihan yang diliburkan. Prize money nihil. Gaji pun terancam dipotong. Itulah kondisi yang dihadapi kebanyakan atlet selama wabah Covid-19 yang mendunia. Hal itu, tak terkecuali, dirasakan pevoli nasional Wilda Siti Nurfadilah Sugandi.

Wilda Siti Nurfadilah Sugandi sesungguhnya punya ambisi besar tahun ini. Dia ingin membawa timnya, Jakarta Pertamina Energi, menjuarai Proliga 2020. Kesempatannya terbuka sangat lebar. Pada putaran ke dua Proliga, Pertamina Energi menempati posisi teratas di klasemen sementara. Mereka mengemas tujuh kemenangan dan hanya menelan satu kekalahan. Tiket final four aman.

Namun, semua tahu, liga voli profesional paling elite di tanah air itu dihentikan. Gara-garanya, apa lagi kalau bukan serangan pandemi virus korona baru. Sempat ada rencana dilanjutkan di venue tertutup tanpa penonton. Namun, pada 18 Maret lalu, PP PBVSI akhirnya memutuskan untuk menghentikan liga sepenuhnya. Situasi makin tak terkendali.

Baca  Pesona Ellen Eks Cherrybelle Berbusana Syar'i yang Kini Jadi Dosen

Wilda mengaku kecewa. Tetapi, kapten timnas tersebut juga memahami bahwa kejadian itu pun dialami semua orang. Bukan hanya dunia voli. Semua bidang juga terkena dampak Covid-19. Karena itu, dia berusaha bersikap lebih bijak.

“Dampaknya sangat terasa. Dari rencana yang sudah ada, tidak jadi. Padahal, sudah ada planning,” tutur Wilda ketika dihubungi kemarin.

Yang paling terasa memukul, kata pemain yang berposisi quicker itu, tentu segi finansial. Kontrak pemain ikut terpengaruh. Kebijakan PBVSI, gaji pemain dibayar sampai Maret saja.

“Padahal, kalau ada final four bisa sampai April. Ada bonus pula kalau bisa masuk final dan juara,” lanjut pemain kelahiran Bandung 25 tahun lalu itu.

Baca  Mike Tyson Pamer Ilmu, Khabib Kagum sampai Keringat Dingin

Tanpa Proliga, kini hari-hari Wilda disibukkan dengan berlatih mandiri. Dia masih tergabung dengan tim Jabar untuk PON XX/2020 Papua. Saat ini dia berada di rumahnya di Cimahi, Jawa Barat. Selain latihan, Wilda menghabiskan banyak waktu di rumah.

“Benar-benar stay at home. Dalam kondisi seperti ini, latihan memakai sistem online. Setiap hari mengupload video latihan di grup,” papar dia.

“Ya, tetap workout di rumah seperti penguatan dan joging,” lanjut pemain bertinggi badan 178 cm tersebut.

Selain karir dan aktivitasnya, dampak Covid-19 berpengaruh terhadap bisnis hijabnya. Bisnis yang dia rintis sejak 2017 itu tutup untuk sementara waktu. Padahal, pendapatannya lumayan. Meski tidak bersedia menyebut omzetnya, Wilda mengatakan bahwa pembelinya bisa sampai Kalimantan dan Papua.

Baca  Mike Tyson Berlatih, Akan Bertanding Lagi?

“Minggu ini kami stop dulu jualannya. Ada beberapa daerah yang pengirimannya terganggu karena lockdown,” ungkap Wilda.

“Daripada pembeli menunggu lama, kami istirahat dulu. Mudah-mudahan bisa balik minggu depan,” tutur dia.

Wilda berharap kondisi segera normal. Dia beruntung masih ada pemasukan sebagai atlet puslatda provinsi. Tetapi, dia sangat tahu, tidak semua orang berada pada posisi yang sama.

Karena itu, dia berusaha membantu dengan mengikuti imbauan pemerintah untuk tetap di rumah dan menerapkan physical distancing sebaik-baiknya.

“Semoga segera pulih dan bisa kembali normal. Bisa kembali menjalani aktivitas tanpa rasa takut lagi. Kasihan juga yang jualan sepi dan mengalami penurunan pendapatan. Segala macam kena dampaknya,’’ ujarnya. (JP)

 

Share :

Baca Juga

Olahraga

Fenomena Dakwah Lewat Sepakbola, Inilah Biografi M. Salah Sang Mesin Gol

Olahraga

Medali Emas ke-65 Sea Games Filiphina Dipersembahkan Cabang Olahraga Catur

Olahraga

Mike Tyson Ingin Naik Ring, Tujuh Calon Lawan Langsung Muncul

Olahraga

Mike Tyson Pamer Ilmu, Khabib Kagum sampai Keringat Dingin

Olahraga

Kiper Juventus Gianluigi Buffon Alami Demam, Positif Virus Corona?

Olahraga

Ingatkan Waspada OTG Corona, Menag: Tak Usah Terima Tamu Saat Idul Fitri

Olahraga

MotoGP 2020 Akan Digelar Tanpa Penonton

Olahraga

Debut Mengejutkan, Pebiliar Kelahiran Makassar Kalahkan Juara Dunia Asal Filipina