Home / Pemerintah

Selasa, 31 Maret 2020 - 08:55 WIB

Jutaan WNI di Malaysia Diminta Tak Pulang, Pemerintah Siap Kirim Sembako

BERITAWAJO.COM – Jutaan WNI pekerja harian di Malaysia diprediksi akan kembali ke Indonesia. Saat ini, Presiden Joko Widodo menyebut lebih kurang 3.000 pekerja migran yang sudah kembali ke Tanah Air.

Kepulangan mereka ini, tidak lepas dari status lockdown yang sudah diberlakukan di Malaysia. Sehingga memicu para pekerja untuk kembali, mengingat aktivitas pekerjaan berhenti.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy, mengatakan, memang tidak ada program khusus untuk memulangkan WNI di luar negeri. Termasuk para jemaah tablig yang masih ada di luar negeri.

Baca  Betulkah Peneliti Korsel Dokter Kim Woo Joo Temukan Vaksin COVID-19?

“Bahkan, kita harapkan mereka tidak usah pulang, kalau tidak perlu pulang. Kalau di sana masih nyaman dan tidak ada mudarat sebaiknya bertahan di sana. Bahkan, misalnya untuk agar bisa memberikan kenyamanan mereka di tempat asal terutama di Malaysia arahan Presiden kita akan mengirim bantuan sosial kepada WNI di Malaysia,” jelas Muhadjir, dalam keterangan pers melalui video conference, Selasa 31 Maret 2020.

Baca  Menko PMK Sebut Krisis Ekonomi Saat Ini Lebih Parah dari 1998

Bantuan sembako siap dikirimkan untuk mereka, terutama para pekerja harian yang kesulitan di Malaysia. Presiden Jokowi, kata Muhadjir, memastikan kalau bantuan untuk mereka akan dikirim dari Tanah Air.

“Akan menggunakan fasilitas TNI dan TNI akan berkomunikasi dengan tentara Diraja Malaysia untuk angkutan darat ketika bantuan itu sampai di Malaysia,” kata Muhadjir. Lanjut dia, fokus pemerintah adalah bagaimana menjaga kesehatan WNI, baik yang di Tanah Air maupun yang ada di luar negeri.

Baca  Heboh! IDI Sebut Angka Kematian Akibat Corona di Indonesia Capai 1.000

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memastikan, bantuan sudah dikirim sebagian, yakni bantuan logistik untuk 3.000 WNI yang ada di Malaysia. Bantuan akan terus disalurkan sesuai dengan kebutuhan para WNI di sana, saat Malaysia memberlakukan lockdown.

“Maka ini akan terus dikoordinasikan dengan Pemerintah Malaysia, terus koordinasi dengan Kemenlu Malaysia,” katanya.

Sumber

Share :

Baca Juga

Pemerintah

Tito: Makan Bersama di IPDN saat Lebaran Tak Langgar PSBB
Ridwan Kamil Kritik Pusat

Pemerintah

Ridwan Kamil Kritik Keras Pemerintah Pusat Soal Data Bansos
Anies Minta Sri Mulyani Cairkan Dana

Pemerintah

Anies Minta Sri Mulyani Cairkan Dana Piutang DKI Rp 5,1 T

Pemerintah

Perpres PPPK Belum Jelas, Kabar Baiknya dari Kepala BKN Ini

Pemerintah

Ini Deretan Kebijakan Ambigu Lawan Corona yang Bikin Bingung

Pemerintah

Situasi Corona, Erick Thohir Pastikan Proyek Kereta Cepat Tetap Jalan

Pemerintah

Kabar Gembira dari Menpan RB Tjahjo Kumolo soal Honorer K2

Pemerintah

Bansos di DKI Bermasalah, Menko PMK Sempat Tegur Keras Anies