Home / Nasional

Senin, 11 November 2019 - 01:00 WIB

Jangan Buru-buru Mendaftar, Ini Tips Pendaftaran CPNS 2019 dari BKN

BERITAWAJO.COM, JAKARTA – Pendaftaran CPNS 2019 akan dimulai hari ini pukul 11.11 wib di portal SSCASN BKN. Sebanyak 152.286 formasi yang dibuka.

Rinciannya instansi pusat sebanyak 37.425 formasi pada 68 kementerian/lembaga dan instansi daerah 114.861 formasi pada 462 pemerintah daerah.


Foto Istimewa

Ada dua jenis formasi yang dibuka yakni formasi umum dan formasi khusus. Formasi khusus meliputi cumlaude, diaspora, dan disabilitas pada instansi pusat dan daerah, dan formasi putra-putri Papua, serta formasi laiinnya yang bersifat strategis pada instansi pusat.

Formasi jabatan yang dibuka adalah tenaga pendidikan, kesehatan, dosen, dan teknis fungsional, dan teknis lainnya. Tiga besar formasi pada penerimaan CPNS kali ini adalah guru (63.324 formasi), tenaga kesehatan (31.756 formasi), dan teknis fungsional (23.660 formasi).

Kasubag Hubungan Media dan Antar Lembaga Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Diah Eka Palupi mengatakan, saat pendaftaran daring telah dibuka, para calon pelamar diharapkan terlebih dahulu membaca dan memahami segala ketentuan pendaftaran yang akan tertuang dalam portal SSCASN.

Jika ditemukan kesulitan, pelamar dapat mempelajari informasi yang tertuang pada kanal Frequently Asked Question (FAQ) yang menyediakan jawaban atas persoalan yang umumnya menjadi kendala pelamar.

“Kalau FAQ tidak dapat memberikan jawaban atas persoalan pendaftaran, BKN menyediakan kanal helpdesk daring dalam portal yang dapat dijadikan sebagai media pengaduan,” kata Diah, Senin (11/11).

Sebagai alternatif terakhir, mulai 11 November 2019, BKN membuka layanan helpdesk luring (offline) di Kantor Pusat BKN, Jalan Mayjen Sutoyo No 12 Jakarta Timur dan Kantor Regional BKN yang akan memberikan solusi jika kendala pelamar tidak terselesaikan melalui penjelasan FAQ dan helpdesk daring.

Demikian berita ini dikutip dari FAJAR.CO.ID untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

Share :

Baca Juga

Internasional

Retno Marsudi Tegaskan Tak Ada Tawar-menawar soal Laut Natuna

Nasional

Viral Curhat Mantan Istri UAS; Ternyata Hoax

Nasional

2 Perempuan Ikut Ditangkap dalam OTT Bupati Sidoarjo Saiful Ilah

Nasional

Kenaikan BPJS Belaku, Ini Dampak yang Bakal Muncul

Nasional

UAS Soal Tukang Bully; Dilapor Mereka Mencret!

Nasional

Kalahkan Chen Long, Anthony Ginting Melenggang ke Final BWF World Tour Finals 2019

Nasional

MUI Usul Pemerintah Berlakukan Lockdown, Tunda Ibukota Baru dan Gunakan Anggaran Infrastuktur Hadapi Wabah Corona

Nasional

Sidang Lanjutan Anak Gugat Ayah, Pintu Maaf Sudah Tertutup