Home / Nasional

Rabu, 27 November 2019 - 20:36 WIB

Inilah Agenda Imsakiyah Untuk 2,7 Juta Kota Di Seluruh Dunia

Jadwal Imsakiyah atau waktu-waktu tertentu dalam pelaksanakan ibadah umat islam sepanjang hari. Jadwal imsakiyah akan menjadi semacam kebutuhan pokok bagi umat Islam terutama dikala bulan ramadhan. Salah satu alasannya yaitu untuk mengetahui waktu untuk berbuka puasa dan waktu final sahur. 
Jadwal waktu Imsakiyah ini ditentukan menurut rotasi bumi dan peredarannya mengelilingi matahari, sehingga di tiap kawasan dan kota akan mempunyai waktu yang berbeda-beda. Daerah paling timur akan masuk waktu berbuka lebih dahulu dari pada kawasan dan kota-kota di sebelah baratnya. Kota Surabaya akan lebih dulu masuk waktu berbuka puasa dari pada kota semarang, Jogja lebih dulu dari purworejo, cilacap. 
Rotasi dan peredaran bumi terhadap matahari selalu dalam keadaan stabil sehingga insan sanggup menghitungnya dengan rumus-rumus tertentu. Dari sini munculah sebuah jadwal yang dinamakan “Jadwal Waktu Shalat Sepanjang Masa”, meskipun tetap dibtasi hanya berlaku hingga tahun tertentu.

waktu tertentu dalam pelaksanakan ibadah umat islam sepanjang hari Inilah Jadwal Imsakiyah Untuk 2,7 Juta Kota di Seluruh Dunia

Meski telah ada jadwal sepanjang masa tersebut, namun biasanya jadwal ini hanya dimiliki orang-orang tertentu dan biasanya ada di masjid-masjid besar. 

Baca  Dianggap Tak Punya Dana Bansos, Anies Jawab Pemerintah Pusat
Berkembangnya IT termasuk dalam bidang internet, nampak semakin mempermudah masyarakat untuk mengakses jadwal imsakiyah. Dengan aplikasi ini masyarakat lebih gampang untuk mengetahui jadwal imsakiyah di kotanya masing-masing. 
Silahkan gunakan aplikasi di bawah ini untuk mengetahui Jadwal Imsakiyah di kota Anda, dengan mengetikan nama kota Anda di kotak pencarian di bawah ini. Tunggu Sebentar sehingga muncul jendela popup. Terkadang akan muncul daftar nama kota dari banyak sekali daerah, pilih satu kota yang merupakan tempat Anda tinggal. 

1. Ketikan Kota Anda 2. Pilih Negara

Satu hal yang perlu dipahami, bahwa sebaiknya Anda undurkan selama 1-2 menit untuk setiap waktu, supaya lebih kondusif dalam kebenaran waktunya (karena ini yaitu bentuk hisab dengan rumus tertentu yang ada perbedaan dalam kriteria penentuannya).

Share :

Baca Juga

Nasional

Sultan Minta Jokowi Buka Data Zona Merah Corona: Pemerintah Tak Mau Jawab

Nasional

Alhamdulillah! Lirik ‘Aisyah’ Diubah Sesuai Arahan Buya Yahya

Nasional

Din Syamsuddin: Jangan Larang Umat ke Masjid, Tapi Izinkan Orang Menumpuk di Bandara

Nasional

Mahasiswa Muslim Desak Pemerintah Buka-bukaan Data Corona, Meskipun Pahit

Nasional

Bentuk 3 Satuan Baru, Ini Penjelasan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto

Nasional

Surat Terbuka Ade Muhammad ke Jokowi: Darurat Militer Sekarang Juga!

Global

Gaduh Pernyataan Agnez Mo, Pengamat Nilai Sudah Dipolitisasi

Nasional

Anggaran Alutsista dan Kesejahteraan Prajurit TNI, Ini Peringatan Prabowo Subianto