Home / Daerah

Senin, 27 April 2020 - 21:09 WIB

Empat Anak di Sumsel Positif Corona, Penyebabnya Sulit Dideteksi

Sumsel – Virus Corona (Covid-19) di Sumatera Selatan tidak hanya menyerang orang dewasa saja. Virus yang telah menyerang hampir 10 ribu orang di Indonesia ini, juga menyasar anak-anak di bawah usia 10 tahun.

Di Sumatera Selatan, dari 130 kasus yang tercatat per hari ini, Senin, 27 April 2020, empat di antaranya diketahui terjangkit pada anak usia di bawah usia 10 tahun. Bahkan, tiga dari empat anak tersebut tergolong dalam usia di bawah lima tahun (Balita).

Baca  Anies Diingatkan Efek Fatal Jika Paksakan Pergub PSBB

Keempat anak tersebut masing-masing berusia empat bulan (dua orang), empat tahun dan sembilan tahun. Keempatnya terjangkit virus Corona dengan kasus orang tanpa gejala (OTG).

“Sejauh ini sudah ada empat anak di Sumatera Selatan yang positif terpapar virus Corona. Semuanya dengan kasus OTG,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Sumatera Selatan, Yuwono.

Menurut Yuwono, sampai saat ini pihaknya sulit mendeteksi semua anak yang dinyatakan positif Covid-19 tersebut. Meski sudah ditangani di rumah sakit, tapi tim medis terus memantau perkembangan kesehatannya.

Baca  Kisah Pilu Kakak Beradik Kelaparan di Sumsel, Tubuhnya Kering Kerontang

“Semua usia rawan terjangkit virus Corona, termasuk anak-anak. Untuk kasus anak-anak ini agak sulit dideteksi,” jelasnya.

Yuwono menerangkan, anak-anak sulit mengungkapkan tentang kesehatannya, karena mereka belum mengerti. Makanya untuk mendeteksi anak secara langsung sulit dilakukan.

“Tapi, sekarang kita punya cara dengan men-screening orang-orang disekitarnya. Hal inilah yang dinilai sangat penting untuk mengetahui asal mereka terjangkit Corona,” jelasnya.

Baca  Anies Main Cantik, Pembungkus Bansos Bertuliskan 'Bantuan Ini Dibiayai APBD DKI'

Dia mengakui, tingkat imunitas yang terdapat pada anak lebih tinggi dari pada imunitas orang dewasa, karena angiotensin converting enzyme 2 atau ACE2 pada anak belum aktif.

“Virus Covid-19 masuk ke dalam tubuh manusia melalui reseptor protein ACE2. Protein ACE2 ini belum aktif pada anak-anak, tapi aktif pada orang dewasa, yang berguna untuk mengatur tekanan darah,” tuturnya. (viva)

Share :

Baca Juga

Anies Bagi Gratis 20 Juta Masker

Daerah

Anies Bagi Gratis 20 Juta Masker Kain; Sehat Warganya Bahagia Tukang Jahitnya

Daerah

Wah, Haerul Sang Pembuat Pesawat Selain Tak Tamat SD Juga Memiliki Istri Empat

Daerah

Tanpa Jarak, Ribuan Orang Tarawih di Masjid Baiturrahman Aceh

Daerah

Selebaran Berisi Kalimat Menghina Nabi Muhammad dan TNI-Polri Membuat Geger Warga

Daerah

Gawat! KIB Nyatakan Perang Lawan FPI Usai Persekusi Penjual Tuak

Daerah

Gereja Bathesda Makassar Tetap Laksanakan Ibadah Minggu

Daerah

Heboh Anies Larang Suami Istri Berhubungan Intim, Eh Gak Taunya…

Daerah

Lockdown Dibatalkan Pemerintah, 19 Orang Ini Menggugat Jokowi