Home / Nasional / Pendidikan

Rabu, 1 Januari 2020 - 05:00 WIB

DKI Jakarta Dikepung Banjir, Anies Baswedan: Pastikan Segera dalam Posisi Siap

BERITAWAJO.COM, JAKARTA — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merespons terjadinya banjir di sejumlah kawasan ibu kota pada hari ini, Rabu (1/1). Anies meminta jajaran Pemerintah Provinsi (Pemrov) DKI Jakarta turut membantu warga yang terdampak banjir.

“Saya instruksikan kepada jajaran Pemprov DKI Jakarta untuk turun tangan langsung datangi kantor kelurahan terdekat, bekerja di bawah koordinasi para lurah, membantu untuk menyelamatkan warga,” kata Anies dalam keterangannya, Rabu (1/1).


Warga Jalan Madrasah RT 001, RW 012, IKPN Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan tengah dievakuasi ke tempat yang lebih aman, Rabu (1/1). (Istimewa)

Anies meminta jajaran Pemprov DKI turut menyiapkan tempat-tempat pengungsian untuk warga terdampak banjir. Menurutnya, kantor pemerintahan hingga sekolah harus siap menjadi tempat pengungsian.

“Siapkan dapur umum, siapkan pos kesehatan, dan pastikan semua tenaga kesehatan siap, obat-obataan, makanan siap saji, air minum, alas tidur, toilet umum, dan semua kebutuhan dasar lainnya, supaya segera dalam posisi siap,” pinta Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini pun menginstruksikan jajaran Wali Kota untuk melakukan koordinasi di wilayahnya masing-masing. Anies meminta agar tidak ada warga yang terkena aliran listrik dan gangguan lainnya.

“Pastikan kelancaran lalu lintas, pastikan mobilitas warga di jalanan tidak terganggu, amankan semua transportasi publik, bila ada rute kendaraan umum yang terkendala oleh banjir segera siapkan rute alternatif,” ucap Anies.

“Kepada para wali kota, camat, lurah, pastikan warga dan publik setempat mendapatkan update informasi yang valid secara terus menerus. Para wali kota supaya melakukan koordinasi antar bagian dengan baik,” urai Anies.

Anies pun mengharapkan, jajaran Pemprov DKI Jakarta dapat segera mengantisipasi banjir yang melanda sebagian wilayah ibu kota. Dia menyebut, curah hujan tidak bisa dicegah, namun dampaknya bisa segera diantisipasi.

“Pemprov DKI Jakarta harus hadir, Pemprov DKI Jakarta ambil sikap bertanggungjawab dan kita tunjukan kepada seluruh warga, bahwa semua jajaran turun tangan, kita hadapi dan kita selesaikan masalah yang ada sekarang ini dengan sebaik-baiknya,” tukas Anies.

Demikian berita ini dikutip dari FAJAR.CO.ID untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

Share :

Baca Juga

Nasional

Korupsi Meningkat di Sulsel, di Sinjai Dana Desa Dipakai Menikah Lagi

Nasional

Balaskan Kekalahan Kevin/Marcus, Ahsan/Hendra Juara BWF World Tour Finals 2019

Nasional

Kembalikan Golkar ke Relnya, SOKSI Dukung Bamsoet di Munas

Nasional

Gempa Guncang Kabupaten Selayar, Warga: Bergoyang Tadi Kursi

Internasional

Jimly Asshiddiqie Usul Penenggelaman Kapal Asing Dilanjutkan

Nasional

Honorer K2 Makin Optimis Segera Diangkat Jadi PNS

Hukum

Rocky Gerung Dilaporkan, Bareskrim Menolak! Kenapa?

Internasional

Retno Marsudi Tegaskan Tak Ada Tawar-menawar soal Laut Natuna