Home / Nasional

Selasa, 10 Desember 2019 - 17:00 WIB

Dikalahkan Vietnam, Indonesia Kembali Gagal Meraih Emas Sepakbola SEA Games

BERITAWAJO.COM, MANILA—Tim nasional Indonesia U-23 gagal mengakhiri paceklik emas dari cabang olahraga sepakbola SEA Games. Itu setelah mereka dikalahkan Vietnam dengan skor 3-0 di babak final SEA Games 2019.

Bagi Indonesia, ini adalah kegagalan ketiga mereka di final setelah juara pada SEA Games 1991. Sebelumnya, Tim Garuda juga kalah di final SEA Games 1997, 2011, dan 2013. Sedangkan bagi Vietnam, ini adalah medali emas pertama mereka di ajang SEA Games setelah sebelumnya hanya meraih perak di lima final SEA Games 1995, 1999, 2003, 2005, dan 2009.


SEA Games 2019/PSSI.org

Jalannya Pertandingan

Bermain di Rizal Memorial Stadium, Selasa, 10 Desember malam ini, Indonesia yang menurunkan Witan Sulaiman untuk menggantikan Egy Maulana Vikri langsung mengambil inisiatif serangan sejak awal. Peluang pun bisa didapatkan di menit ke-5. Bermula dari pelanggaran terhadap Osvaldo Haay, Zulfiandi melepaskan tendangan keras yang ditepis kiper Nguyen Va Toan.

Vietnam memberi ancaman ke gawang Indonesia di menit ke-11 lewat tendangan sudut. Namun bola kiriman kapten, Do Hung Dung mampu ditinju kiper Indonesia, Nadeo Arga Winata.

Gawang Indonesia kembali mendapat teror dari bomber Vietnam, Ha Duc Chinh di menit ke-15. Beruntung, tendangan kaki kanan top skor Vietnam itu masih melenceng di sisi kanan tiang gawang Nadeo.

Evan Dimas mengalami cedera setelah diinjak Doan Van Hau di menit ke-20 dan tidak bisa melanjutkan pertandingan. Sebagai gantinya, Pelatih Indonesia, Indra Sjafri memasukkan Syahrian Abimanyu.

Sepuluh menit berikutnya, hampir tidak ada peluang berarti kedua negara. Nguyen Hoang Duc yang mencetak gol tendangan jarak jauh di fase grup mencoba mengulang aksinya di menit ke-30. Tapi, tendangannya jauh di atas mistar gawang Nadeo.

Berawal dari pelanggaran Asnawi Mangkualam Bahar, Vietnam berhasil unggul di menit ke-38. Bola yang dikirim pemain Vietnam ke depan gawang disundul dengan baik oleh Doan Van Hau. Skor 1-0.

Indonesia juga mendapat tendangan bebas dari wasit Majed Al-Shamrani di menit ke-40. Namun bola hasil tendangan Saddil Ramdani mampu ditangkap dengan baik oleh kiper Nguyen Va Toan.

Tendangan Syahrian empat menit kemudian juga bisa diamankan dengan mudah oleh sang kiper. Setelah itu, tidak ada lagi peluang berbahaya kedua tim sehingga skor 1-0 untuk sementara menjadi hasil paruh pertama.

Kembali dari ruang ganti, Egy langsung dimasukkan untuk menggantikan Witan. Dan seperti babak pertama, Indonesia mengambil inisiatif serangan sejak awal. Satu umpan silang Asnawi dengan mudah ditangkap Nguyen Va Toan.  

Di menit ke-53, Vietnam mendapatkan peluang pertamanya lewat skema bola mati setelah Zulfiandi melanggar Nguyen Tien Linh. Namun, Nadeo bisa meninju bola untuk mengamankan gawangnya.

Bermula dari keteledoran pemain di sisi kiri, Vietnam berhasil menggandakan keunggulan di menit ke-58. Bola di dalam kotak penalti yang tidak bsia dibuang dengan baik oleh Andy Setyo Nugroho jatuh ke kaki Nguyen Tien Linh yang kemudian menyodorkan bola ke kapten tim, Do Hung Dung yang langsung melepaskan tendangan kaki kanan ke sudut kiri gawang yang tidak mampu dijangkau Nadeo.

Indonesia mendapat kesempatan memperkecil ketertinggalan di menit ke-60 ketika terjadi pelanggaran di sisi kanan pertahanan Vietnam. Sayang, sundulan Egy menyambut tendangan bebas Saddil hanya melayang di atas mistar gawang.

Semenit kemudian, Osvaldo mengirim umpan ke mulut gawang. Namun, bola hanya melintas di depan gawang tanpa mampu dijangkau Egy. Setelah itu, Indra Sjafri menambah penyerang dengan memasukkan Muhammad Rafli menggantikan Sani Rizki.

Tim Garuda mencoba mengurung pertahanan Vietnam setelah menit ke-65. Akan tetapi, hingga menit ke-70, serangan bergelombang Indonesia belum bisa memberi ancaman berarti. Vietnam yang unggul 2-0 tampak sangat nyaman di daerah pertahanannya.

Kesempatan pertama didapat Indonesia di menit ke-71. Sayang, tendangan Osvaldo tidak mengenai bola dengan baik sehingga bola liar bisa diamankan kiper. Saat asyik menyerang, gawang Indonesia kembali jebol di menit ke-72. Lagi-lagi berawal dari bola mati, Doan Van Hau mencetak gol keduanya usai memanfaatkan bola rebound. Skor 3-0.

Peluang terbaik Indonesia didapatkan Egy di menit ke-80 ketika mendapat umpan terobosan dan berhadapan langsung dengan kiper. Sayang, bola masih mengenai kaki kiper Nguyen Va Toan. Bola rebound coba disambar Rafli, namun berhasil diselamatkan bek Vietnam sebelum melewati garis gawang.

Di 10 menit akhir, Indonesia terus menekan. Tapi sangat sulit bagi Egy dan kawan-kawan untuk menembus benteng pertahanan Vietnam. Alhasil, skor 3-0 bagi Vietnam tetap bertahan hingga wasit meniup peluit akhir.

Demikian berita ini dikutip dari FAJAR.CO.ID untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

Share :

Baca Juga

Nasional

Kecantikan Istrinya Selevel Ariel Tatum, Suami Kok Pilih Pergi dengan Selingkuhan

Nasional

Viral Video Wanita Menangis Hampir Menjadi Korban Pemerkosaan

Nasional

Warga Digegerkan Lubang Misterius Muncul di Area Persawahan

Nasional

Kontrak PPPK Berlaku Setahun, Ahmad Saefudin: Pemerintah Tak Punya Kepekaan Sosial

Nasional

Temui Menhan Prabowo, Tokoh Papua Bawa 10 Tuntutan

Nasional

Pabrikan Lebih Suka Anda Kredit Mobil, Target Rp 8,8 Triliun Tahun ini

Nasional

ASN Pensiun Usia 45 Tahun, Kepala BKN Bilang Sangat Tidak Mungkin

Nasional

Pengusaha SPBU yang Gugat Orang Tua Beralasan Ingin Pertahankan Nilai Sejarah