Home / Nasional

Kamis, 19 Desember 2019 - 05:00 WIB

Dewas KPK, Mantan Hakim Agung Artidjo Alkostar Dinilai Momok Menakutkan

BERITAWAJO.COM, JAKARTA– Wadah Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (WP KPK) menyambut baik nama-nama yang disebut Presiden Joko Widodo, sebagai calon anggota Dewan Pengawas KPK. Mereka dinilai mempunyai reputasi baik terhadap pemberantasan korupsi.

Ketiga nama tersebut yakni mantan Hakim Agung Artidjo Alkostar, Hakim Albertina Ho dan mantan Ketua KPK Taufiequrrachman Ruki. Jokowi menyatakan nama mereka telah diusulkan, namun belum final.


Eks Hakim agung Artidjo Alkostar memasuki masa pensiun pada 22 Mei 2018. (Fedrik Tarigan/Jawa Pos)

Ketua WP KPK Yudi Purnomo menyatakan, nama-nama yang muncul ini sebagai angin segar bagi pemberantasan korupsi. Publik juga telah mengenal ketiganya sebagai sosok yang keras terhadap koruptor.

“Tentu saja jika itu benar akan menjadi hal positif karena masyarakat sudah mengenal rekam jejak, integritas, dan sikap antikorupsinya,” kata Yudi dalam keterangannya, Kamis (19/12).

Secara khusus menyoroti kemunculan nama Artidjo Alkostar. Yudi menyebut, mantan Ketua Kamar Pidana Mahkamah Agung itu akan menjadi ancaman bagi para koruptor.

“Terutama Pak Artidjo Alkostar ya yang diketahui merupakan momok menakutkan bagi koruptor dan tidak segan memberikan hukuman berat,” terang Yudi.

Oleh karena itu, Yudi berharap calon anggota Dewas KPK lainnya juga memiliki kredibilitas yang seimbang antara satu dengan lainnya. Dengan demikian, peran Dewas KPK akan benar-benar berjalan maksimal.

“Karena Dewas ada lima orang, maka seharusnya anggota Dewas yang lain tentu juga harus mempunyai integritas sama, sehingga menjalankan peran dengan baik, apalagi kewenangan Dewas sangat besar,” pungkasnya.

Presiden Jokowi sebelumnya membocorkan sosok-sosok yang akan menjadi anggota Dewas KPK. Kendati demikian, nama itu baru sebatas usulan dan belum diputuskan.

“Ada hakim Albertina Ho, itu tapi belum diputuskan lho ya. Pak Artidjo, saya ingat tapi lupa, dan belum diputuskan,” jelas Jokowi di Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (18/12).

Demikian berita ini dikutip dari FAJAR.CO.ID untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

Share :

Baca Juga

Nasional

1 Tahun Tak Digaji, Petugas Kebersihan Parepare: Kami Sudah Sangat Kelaparan

Nasional

Viral, Latihan Brutal Prajurit TNI Bikin Tentara Inggris Shock

Nasional

Camkan! Teori Evolusi Itu Bukan Fakta Evolusi

Nasional

Mukhtar Yakin Terjadi Salah Kaprah Soal Adiknya Dicap Durhaka, Begini Duduk Persoalannya

Nasional

Pengertian Islam Secara Bahasa Dan Istilah

Nasional

Misnah M Attas Mundur dari Ketua KPU Sulsel

Nasional

Pimpinan KPK Ajukan Judicial Review, Refly Harun: Itu Tantangan Bagi MK

Nasional

Membandingkan Cara Anies dan Jokowi Menghadapi Corona; Ini Kata Pengamat