Home / Global

Rabu, 15 April 2020 - 14:27 WIB

China Sampaikan Pesan Ini ke AS yang Hentikan Dana untuk WHO

Beijing – Otoritas China menyatakan ‘keprihatinan serius’ terhadap keputusan Amerika Serikat (AS) menghentikan pendanaan untuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). China mendorong otoritas AS untuk memenuhi kewajibannya selama pandemi virus Corona.

Presiden AS Donald Trump sebelumnya menuduh WHO menutup-nutupi keseriusan wabah virus Corona di China sebelum menyebar ke seluruh dunia. Trump memerintahkan pembekuan pendanaan selagi “peninjauan dilakukan untuk menilai peran WHO dalam salah kelola yang parah dan menutupi penyebaran virus Corona”.

Baca  Meski Tak Lockdown, Korea Selatan Berikan Insentif Rp 13 Juta per Keluarga

“China sangat prihatin atas pengumuman AS untuk menghentikan pendanaan bagi Organisasi Kesehatan Dunia,” sebut juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian, dalam konferensi pers seperti dilansir AFP, Rabu (15/4/2020).

“Situasi terkini epidemi global sangat suram. Ini adalah masa-masa kritis. Keputusan AS ini akan melemahkan kapasitas WHO dan merusak kerja sama internasional dalam melawan epidemi ini,” imbuh Zhao.

Keputusan Trump untuk menghentikan pendanaan bagi WHO ini mencerminkan keyakinannya bahwa WHO bias pada China dan berkolusi untuk mencegah saingan utama ekonomi AS itu terbuka tentang bencana kesehatan yang sedang berlangsung di negaranya.

Baca  Raja Salman Setuju Lockdown Riyadh, Mekah, dan Madinah

“Kami mendorong Amerika Serikat untuk secara tulus memenuhi tanggung jawab dan kewajiban mereka, dan mendukung aksi internasional yang dipimpin WHO melawan epidemi ini,” cetus Zhao, sembari menyebut WHO memainkan ‘peran tak tergantikan’ melawan pandemi virus Corona.

Diketahui bahwa AS merupakan pemberi dana terbesar bagi WHO, yang menyediakan dana US$ 400 juta tahun lalu. Saat ditanya apakah China siap berkontribusi lebih besar untuk menutupi kekurangan setelah AS menghentikan pendanaan, Zhao menyebut bahwa China telah menyediakan US$ 20 juta kepada WHO.

Baca  Jika Tak Diintervensi, 1.046 ODP Akan Mudik dari Jakarta

“China selalu mendukung peran utama yang dimainkan WHO dalam perang internasional melawan epidemi… China akan melihat lebih dalam isu-isu terkait, tergantung pada kebutuhan situasi,” ujar Zhao dalam pernyataannya (nvc/ita)

Share :

Baca Juga

Global

Pria Ini Tinggal Bersama 4 Istri dan 16 Selingkuhannya dalam Satu Rumah. Kok Bisa?

Global

Terungkap, Ternyata Pasar Inilah Asal Muasal Virus Corona

Global

Masya Allah! Tak Seperti Biasanya, Kini Adzan Menggema di Jerman Kala Pandemi Corona

Global

Baru: Larangan Terbang Saudi untuk 52 Negara Termasuk Indonesia

Global

Viral! Akibat UU “Anti Islam”, India Dilanda Kerusuhan Hebat
Virus Corona Buatan Lab di Wuhan

Global

Trump: Virus Corona Buatan Lab di Wuhan

Global

Inggris Kucurkan Rp1,5 Triliun buat Sewa Pesawat Penjemput Warganya di Luar Negeri

Global

Respons Tiongkok soal Rencana Indonesia Setop Impor