Home / Nasional

Kamis, 14 Mei 2020 - 06:13 WIB

Cara Kembalikan Akun WhatsApp yang Dibajak

WhatsApp merupakan aplikasi chatting sejuta umat. Itu membuat banyak aktor jahat atau hacker yang berusaha mengambilalih akun WhatsApp. Lalu adakah cara kembalikan akun WhatsApp yang dibajak?

Menurut Pakar Keamanan dari Vaksincom Alfons Tanujaya, bila nomor ponsel dari akun WhatsApp yang dibajak masih di tangan korban dan masih aktif, cara merebutnya cukup mudah.

Langkah pertama adalah mengunistall akun WhatsApp di ponsel. Kemudian install ulang WhatsApp dan masukkan kembali nomor ponsel.

“Lalu akan muncul verifikasi lewat SMS ke nomor ponsel. Masukkan nomor verifkasi tersebut, maka akun WhatsApp akan kembali lagi,” ujar Alfons Tanuwijaya, seperti dikutip Kamis (14/5/2020).

Baca  Mudik Dilarang Tapi Angkutan Umum Jalan, Menhub Akui Membingungkan

Bagimana dengan akun WhatsApp yang dibajak oleh aktor jahat dan hacker? Akun tersebut secara otomatis akan logout. Ini karena WhatsApp hanya mengizinkan satu akun WhatsApp pada satu ponsel saja.

Cara lain yang bisa ditempuh adalah dengan menonaktifkan akun WhatsApp yang dibajak. Untuk ini kamu harus mengirimkan email ke support@whatsapp.com dengan menuliskan “Hilang/Dicuri: Silakan nonaktifkan akun saya”. Setelah penonaktifan ini kamu punya waktu 30 hari untuk mengaktifkan kembali akun yang telah dihapus.

Baca  Besaran Gaji PPPK, Ini Kabar Bahagia dari Menkeu Sri Mulyani

Tanda Awal akun WhatsApp Dibajak

Sebenarnya ada ciri yang sangat jelas bahwa seseorang ingin membajak akun WhatsApp. Biasanya WhatsApp akan mengirimkan notifikasi yang isinya nomor telepon tidak terdaftar di WhatsApp.

Isi pesannya: Nomor telepon Anda tidak lagi terdaftar di WhatsApp pada telepon ini. Mungkin karena Anda telah mendaftarkannya pada telepon yang lain. Jika Anda tidak melakukan ini, verifikasi nomor telepon Anda untuk kembali ke akun Anda.


Pada bagian bawah akan tersedia dua opsi ‘verifikasi’ atau ‘Oke’. Jika mengetuk ‘Oke’ maka akun WhatsApp akan beralih ke hacker atau aktor jahat yang membajak akun.

Baca  Uztadz Tengku Zulkarnain: Pak Jokowi, Apakah Tidak Malu Atas Kelakuan Pendukung Bapak di Medsos?

Jika memilih ‘verifikasi’ maka WhatsApp akan mengirimkan nomor PIN 6 digit ke ponsel, masukkan nomor tersebut dan kamu kembali bisa menggunakan akun tersebut. (roy)

Share :

Baca Juga

Nasional

Poros Besar Pilpres 2024, Pengamat: Prabowo-Puan dan Anies Baswedan-AHY

Nasional

Tragis! Ketua RT dan Warga Palembang Berteriak Usir Perawat RS Siloam

Nasional

Pengamat Politik Sebut, Manuver Paloh Wujud Kekecewaan Atas Hal-hal Ini

Nasional

Tahun Ini Warga Miskin Bebas Bayar PBB

Nasional

Bantah Faktor Kemiskinan, Keluarga: Kakek Ambo Tang Menghilang Sebelum Ditemukan Meninggal

Nasional

PA 212 Rencana Reuni di Monas, Respons Istana Begini

Nasional

Sultan Minta Jokowi Buka Data Zona Merah Corona: Pemerintah Tak Mau Jawab

Nasional

Jokowi Mengatakan Klorokuin Bisa Sembuhkan Pasien Corona, Kominfo Langsung Ralat. Sumule; Sebar Hoax Dong?