Home / Nasional

Kamis, 14 Mei 2020 - 06:13 WIB

Cara Kembalikan Akun WhatsApp yang Dibajak

WhatsApp merupakan aplikasi chatting sejuta umat. Itu membuat banyak aktor jahat atau hacker yang berusaha mengambilalih akun WhatsApp. Lalu adakah cara kembalikan akun WhatsApp yang dibajak?

Menurut Pakar Keamanan dari Vaksincom Alfons Tanujaya, bila nomor ponsel dari akun WhatsApp yang dibajak masih di tangan korban dan masih aktif, cara merebutnya cukup mudah.

Langkah pertama adalah mengunistall akun WhatsApp di ponsel. Kemudian install ulang WhatsApp dan masukkan kembali nomor ponsel.

“Lalu akan muncul verifikasi lewat SMS ke nomor ponsel. Masukkan nomor verifkasi tersebut, maka akun WhatsApp akan kembali lagi,” ujar Alfons Tanuwijaya, seperti dikutip Kamis (14/5/2020).

Baca  MUI Jatim Sesalkan Petugas PSBB, Kasari Habib Umar Assegaf Bangil

Bagimana dengan akun WhatsApp yang dibajak oleh aktor jahat dan hacker? Akun tersebut secara otomatis akan logout. Ini karena WhatsApp hanya mengizinkan satu akun WhatsApp pada satu ponsel saja.

Cara lain yang bisa ditempuh adalah dengan menonaktifkan akun WhatsApp yang dibajak. Untuk ini kamu harus mengirimkan email ke support@whatsapp.com dengan menuliskan “Hilang/Dicuri: Silakan nonaktifkan akun saya”. Setelah penonaktifan ini kamu punya waktu 30 hari untuk mengaktifkan kembali akun yang telah dihapus.

Baca  Ilmuwan Lintas Universitas Perkirakan Sudah Ada 32 Ribu Kasus Positif Corona di DKI

Tanda Awal akun WhatsApp Dibajak

Sebenarnya ada ciri yang sangat jelas bahwa seseorang ingin membajak akun WhatsApp. Biasanya WhatsApp akan mengirimkan notifikasi yang isinya nomor telepon tidak terdaftar di WhatsApp.

Isi pesannya: Nomor telepon Anda tidak lagi terdaftar di WhatsApp pada telepon ini. Mungkin karena Anda telah mendaftarkannya pada telepon yang lain. Jika Anda tidak melakukan ini, verifikasi nomor telepon Anda untuk kembali ke akun Anda.


Pada bagian bawah akan tersedia dua opsi ‘verifikasi’ atau ‘Oke’. Jika mengetuk ‘Oke’ maka akun WhatsApp akan beralih ke hacker atau aktor jahat yang membajak akun.

Baca  Biar Nggak Bosan di Rumah, Ini Cara Pakai WhatsApp Video Call Sampai 8 Orang

Jika memilih ‘verifikasi’ maka WhatsApp akan mengirimkan nomor PIN 6 digit ke ponsel, masukkan nomor tersebut dan kamu kembali bisa menggunakan akun tersebut. (roy)

Share :

Baca Juga

Nasional

Menakjubkan! Ini Bukti Keseimbangan (Simetris) Ayat Al-Quran

Nasional

Pelabuhan Merak Tak Jadi Hentikan Layanan untuk Pemudik
KSPI akan Gugat Perpres

Nasional

Anggap Akal-akalan Pemerintah, KSPI akan Gugat Perpres Kenaikan Iuran BPJS

Nasional

Tidak Semua, Ini Syarat Menikmati Listrik Gratis dari Jokowi

Nasional

DPR Minta Kenaikan Iuran BPJS Ditunda, Sri Mulyani Beri Sinyal “Tidak”

Nasional

Kecewa Penanganan COVID-19, Indonesia Terserah Masuk Google Trend
Sandiaga dukung jokowi

Nasional

Sandi Salurkan Beasiswa Pelajar dan Mahasiswa Terdampak Covid-19 via KAHMIPreneur

Nasional

Menolak RUU Omnibus Law, Buruh Rencana Mogok Massal