Home / Nasional

Jumat, 10 Januari 2020 - 01:00 WIB

Besok Gerhana Bulan Penumbra, LAPAN Minta Waspadai Banjir Rob

BERITAWAJO.COM, JAKARTA – Lembaga Penerbangan dan Antariksa (LAPAN) memperkirakan gerhana bulan penumbra, yang akan terjadi pada Sabtu (11/1) tidak hanya membuat bulan tertutup bayangan penumbra bumi.

Namun juga terdapat kemungkinan pasang air laut yang dapat menyebabkan banjir rob.


Foto Istimewa

“Pasang maksimum biasa terjadi kurang lebih 2 hari dari saat purnama atau gerhana. Jadi berpotensi terjadi banjir rob di pantai. Kejadiannya dua kali sehari, pagi dan petang,” kata Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin ketika dihubungi di Jakarta pada Kamis (9/1).

Pasang surut air laut disebabkan oleh pengaruh gravitasi matahari dan bulan. Gravitasi bulan bisa menyebabkan pasang laut purnama ketika Bumi, bulan dan matahari berada dalam satu garis lurus yang membuat pasang naik yang tinggi dan surut yang rendah.

Kejadian itu terjadi ketika terjadi bulan baru dan bulan purnama.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan kondisi pasang naik air laut maksimum di Teluk Jakarta terjadi pada periode 9-12 Januari 2020.

Ketinggian maksimal yang bisa dicapai pasang naik itu bisa mencapai 0,6 meter yang berpotensi menghambat laju aliran air sungai masuk ke laut di Teluk Jakarta.

Gerhana bulan penumbra diperkirakan akan dimulai pukul 00.05 WIB dengan puncaknya terjadi pada pukul 02.10 WIB dan berakhir pukul 04.14 WIB.

Selain kemungkinan pasang air laut, BMKG juga memperingatkan akan adanya potensi hujan lebat di beberapa daerah Jabodetabek pada periode 9-12 Januari 2020.

Menanggapi kemungkinan itu, Kepala LAPAN memperingatkan agar masyarakat waspada banjir yang terjadi di daratan karena jika terjadi hujan lebat air akan melambat masuk ke laut akibat pasang.

“Dampak yang harus diwaspadai kalau terjadi banjir di daratan, air akan lambat surutnya karena tidak bisa terbuang ke laut dengan lancar. Hal lain yang harus diwaspadai kalau terjadi gelombang tinggi di laut, banjir rob akan melimpas ke daratan yang lebih jauh,” demikian Thomas Djamaluddin.

Demikian berita ini dikutip dari FAJAR.CO.ID untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

Share :

Baca Juga

Nasional

Awas! Ini Kode-Kode Zat Babi Dalam Masakan Kemasan

Nasional

Misnah M Attas Mundur dari Ketua KPU Sulsel

Nasional

Anak Gubernur dan Dua Putra Bupati Bakal Bertarung di Musda KNPI Sulsel

Nasional

Pilpres 2024, Ari Junaedi: Akan Nyaman di Kubu Anies

Nasional

Agar Tahu Bukan ASN, Honorer Pemkot Makassar Pakai Seragam Khusus

Nasional

Turis China Meningkat 1,46% di Tengah Serbuan Corona

Nasional

Nasional

Ancaman Imam Nahrawi: Siap-siap Saja yang Merasa Terima Dana KONI