Home / Nasional

Rabu, 1 April 2020 - 10:43 WIB

Begini Hitungan dan Cara Mengetahui Pengguna Token dapat Listrik Gratis!

BERITAWAJO.COM – Dampak wabah virus Corona, pemerintah memberikan keringanan untuk biaya pembayaran listrik selama tiga bulan ke depan.

Untuk pengguna listrik dengan daya 450 VA tagihan listriknya akan diberikan secara gratis selama tiga bulan, sementara itu bagi pengguna daya 900 VA, maka hanya akan membayar setengah dari tagihannya saja atau diskon 50%.

Hitungan listrik gratis pengguna token

Yang masih jadi pertanyaan banyak masyarakat adalah bagaimana jika pelanggan listrik menggunakan token atau listrik prabayar?

Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana, menjelaskan perihal hitungan listrik gratis buat warga yang menggunakan token atau listrik prabayar. Untuk golongan 450 VA, mulai April, Mei, hingga Juni akan mendapatkan listrik gratis sebesar jumlah penggunaan maksimum di tiga bulan sebelumnya dari Januari ke Maret.

Baca  Masalah Corona Belum Selesai, Kini Gunung Semeru Mengeluarkan Awan Panas Masuk Level Waspada

“Untuk prabayar golongan 450, atau yang beli token, itu diberikan token gratis sebesar pemakaian bulanan. Kami dan PLN, sudah punya profile-nya pelanggan dan mereka ketahuan beli maksimumnya dalam 3 bulan terakhir itu berapa,” kata Rida lewat video conference kepada wartawan, Rabu (1/4/2020).

“Itu lah yang kita berikan secara gratis 3 bulan ke depan, angka maksimumnya dia beli selama 3 bulan kemarin,” sambungnya.

Sementara itu untuk pelanggan golongan 900 VA, pemerintah tetap menggunakan angka pembelian listrik maksimum selama tiga bulan sebelumnya. Nantinya, setengah jumlah listrik dari angka tersebut akan digratiskan.
Baca juga: Perlukah Pelanggan 1.300 VA Diringankan Tagihan Listrik Juga?

Baca  Jokowi Sentil Anies Cs: Jangan Mau Enaknya Doang

“Sementara untuk prabayar atau token 900 VA, persis seperti yang 450 VA hanya saja mereka tidak gratis, mereka hanya mendapatkan daya gratis 50% dan itu berlaku tiga bulan untuk April, Mei, dan Juni,” ujar Rida.

Bagaimana Pengguna Token Bisa Tahu Dapat Listrik Gratis?

Nantinya pemerintah akan menyiapkan aplikasi, di sana masyarakat tinggal memasukkan ID pengguna listrik, lalu akan mendapatkan kode voucher.

“Jadi udah ada aplikasi konsumen, nanti tinggal masukin ID pelanggan, lalu akan dapat voucher, dan tinggal masukkan saja. Jadi saya rasa sudah cukup valid diimplemetasikan ketika black out,” ujar Hendra lewat video conference kepada wartawan, Rabu (1/4/2020).

Baca  Roy Suryo Unggah Jejak Digital Dirut TVRI soal Gerwani, Organisasi yang Berafiliasi dengan PKI

“Tapi kami tetap menyiapkan sosialisasinya melalui aplikasi supaya pelanggan token tidak bingung lagi,” kata Hendra.

Sementara itu, Dirjen Ketenagalistrikan Rida Mulyana mengatakan bahwa per Desember 2019 setidaknya ada 23,8 juta orang pengguna golonhan 450 VA, sementara itu 7,25 juta orang tercatat sebagai pengguna golongan 900 VA.

“Jumlah pelanggan 450 VA ada 23,8 juta, itu angka per Desember 2019 dan mungkin sudah bergerak lagi. Untuk yang 900 VA itu 7,25 juta pelanggan,” kata Rida.

Share :

Baca Juga

Nasional

Jokowi Ingin Berdamai dengan Corona, Anies Ngotot ‘Gembok’ Jakarta: Harus Tegas

Nasional

Jokowi Setelah Tes Corona; “Hasilnya Tanyakan Ke yang Ngetes”

Nasional

Said Iqbal: Jangan Halangi Puluhan Ribu Buruh Demo 30 April

Nasional

SBY: Pemerintah Jangan Timbulkan Antipati Rakyat Soal Corona

Nasional

Kata UAS ke Anies: Maaf Tak Bisa Bela di Medsos, Saya Juga Babak Belur

Nasional

Salim Said Sebut Omnya Luhut Terlibat Gestapu
Tarif Terkini dan Cara Menghitung

Nasional

Keluhan Listrik Naik, Ini Tarif Terkini dan Cara Menghitung Tagihan Pribadi

Nasional

Ini Sosok Bupati Boltim yang Viral Karena Sebut Aturan Menteri Membingungkan