Home / Islam

Jumat, 6 Maret 2020 - 02:42 WIB

Begini Cara Orang Beriman Menghadapi Wabah Penyakit Menurut UAS

BERITAWAJO.COM – Wabah virus Corona (Covid-19) telah menimbulkan kekhawatiran masyarakat di berbagai negara termasuk Indonesia. Baik pemerintah maupun berbagai ormas Islam dan ulama menyerukan agar masyarakat tetap tenang dan tidak panik mengetahui adanya infeksi Corona di Indonesia. Sebab, sejatinya suatu penyakit datang atas kehendak Allah swt.

Menurut Ustaz Abdul Somad (UAS), bahwa suatu wabah pada dasarnya didatangkan oleh Allah swt bagi orang-orang yang Ia kehendaki. Namun, bagi orang-orang yang beriman, cara dia menghadapi wabah bisa menjadi pahala yang besar baginya.

Pendapat UAS ini merujuk pada hadis yang diriwayatkan dari Aisyah ra, ia berkata, “Aku bertanya kepada Rasulullah saw tentang wabah penyakit. Rasulullah memberitahukan kepadaku: “Wabah penyakit itu adalah azab yang diutus Allah kepada orang-orang yang ia kehendaki. Allah menjadikannya rahmat bagi orang-orang yang beriman. Jika terjadi suatu wabah penyakit, ada orang yang menetap di negerinya, ia bersabar, hanya berharap balasan dari Allah. Ia yakin bahwa tidak ada peristiwa yang terjadi kecuali sudah ditetapkan Allah. Maka ia mendapat balasan seperti mati syahid.” (HR Al-Bukhari).

UAS kemudian menjelaskan makna dan pelajaran yang bisa dipetik dari hadits tersebut. Dia mengatakan, bahwa wabah penyakit itu merupakan azab yang dikirim Allah untuk orang-orang yang Ia kehendaki. Menurut Imam Muhammad Abduh, itu seperti halnya wabah campak pada pasukan Abrahah.

Sementara bagi orang yang beriman yang ditimpa wabah, UAS mengatakan, hendaknya menyikapinya dengan bersabar. Namun, tetap dibarengi dengan ikhtiar, dan melakukan langkah antisipasi serta mencari obat untuk penyakit tersebut.

Orang yang beriman, dikatakan UAS, melakukan demikian semata mengharapkan balasan dari Allah SWT. Mereka meyakini bahwa tidak ada sesuatu pun yang terjadi di luar kuasa dan takdir Allah.

“Orang beriman yang seperti itu, maka wabah tersebut menjadi rahmat baginya. Ia mendapat balasan seperti orang yang mati syahid,” kata UAS.

Share :

Baca Juga

Islam

UAS: Meninggalkan Sholat Jumat Saat Wabah Hukumnya Sunah. Ini Penjelasannya!

Islam

Baru! Begini Cara Urus Jenazah Seorang Muslim Pasien Corona Menurut Fatwa MUI

Islam

DPR Restui Kemenag Pakai Dana Haji APBN untuk Atasi Corona

Islam

19 Kiai Bakal Pimpin Istighosah Kubra Online di Malam Nisfu Sya’ban. Mari Ngarep Barokah!

Islam

Ternyata Bisa! Masjid as-Syarif al-Azhar Gelar Shalat Jumat dengan Tertib dan Lancar

Islam

Masyarakat Geger! Santri Berkopyah NU Baca Puisi ‘Jumat Agung’, Prof Rochmat: Ini Menginjak-injak NU

Islam

MUI Minta Video Santri Berpeci Puisi Paskah Ditelusuri

Islam

KH. Marfu Muhyidin Ilyas, Mengungkap Prediksi Corona Berdasarkan Perspektif al-Quran