Home / Kesehatan

Senin, 27 April 2020 - 17:24 WIB

Beban Rumah Sakit Makin Berat, Korban Positif Covid-19 Sudah 9.096 Orang

Jakarta – Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito menyebutkan, jumlah kasus positif yang terus melonjak berdampak ke rumah sakit (RS) dan juga masyarakat.

Hingga Minggu kemarin (26/4), sudah ada 8.882 kasus positif Covid-19 yang tersebar di 34 provinsi, dan 282 kabupaten/kota di Indonesia.

“Kasus terbesar di Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur yang juga dengan meningkatnya persebaran penyakit telah terjadi di seluruh provinsi,” ujar Wiku dalam jumpa pers virtual yang disiarkan dari Gedung Graha BNPB, Matraman, Jakarta Timur, Senin (27/4).

Baca  Jangan Asal Cuci, Begini Cara Bersihkan Masker Kain yang Benar

Dengan melebarnya jumlah dan penyebaran pasien positif corona di Indonesia, hal ini beriringan dengan meningkatnya beban pada rumah sakit dan juga lingkungan masyarakat.

“Ini dapat meningkatkan beban yang berat pada fasilitas kesehatan. Selain itu, kondisi ini akan mengganggu aktivitas masyarakat,” ucap Wiku Adisasmito.

“Oleh karena itu diperlukan suatu mekanisme yang cepat dan valid untuk mendata besaran salah di seluruh Indonesia,” sambungnya.

Baca  Pasien Terjangkit Corona Tidak Ditanggung BPJS Ya...

Sementara Berdasarkan data hingga Senin (27/4) pukul 12.00 WIB, jumlah kasus positif, kasus pasien sembuh, dan kasus pasien meninggal masih terus bertambah.

“Konfirmasi positif hari ini bertambah 214 pasien, sehingga total sudah sebanyak 9.096 orang,” kata Jurubicara Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto. (pojoksatu)

Share :

Baca Juga

Kesehatan

Pemerintah: Kasus Positif Corona di DKI Mulai Melambat, Saat ini Sudah Flat

Kesehatan

Tujuh Pasien Gangguan Jiwa di Jatim Positif Corona

Kesehatan

WHO Tegaskan Virus Corona Bukan Rekayasa Manusia

Kesehatan

Ramalan Luhut Soal Puncak Wabah Corona di RI

Kesehatan

Ada Teori Bahaya Corona, Jika Diterapkan di RI Satu Generasi Lenyap

Kesehatan

Menurut Ilmuwan, Corona Ternyata Berubah Menjadi Dua Tipe

Global

Antivirus Corona Dibuat; China, Amerika, Israel, Siapa yang Lebih Cepat?

Kesehatan

Mencapai Angka 309 Terpapar Corona, Dua Orang Sulsel. Siapa Orangnya?