Home / Nasional

Kamis, 23 April 2020 - 17:08 WIB

Basmi Mafia Alkes, Susi Usul ke Erick: Tenggelamkan Dua Kementerian Ini

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti ikut mengomentari isu soal mafia alat kesehatan (alkes) yang sebelumnya disampaikan Menteri BUMN Erick Thohir. Menurut Susi, ada cara paling mudah dilakukan dalam upaya memberantas mafia alkes. Yakni dengan cara ‘menenggelamkan’ Kementerian Perdagangan dan Kementerian Perindustrian.

Jika kedua kementerian itu telah ‘ditenggelamkan’ alias dibubarkan, Susi optimistis urusan impor alkes akan jauh lebih mudah dan murah.

“Pemerintah/ Pak Erick Thohir bisa lebih mudah memberantas mafia impor, kalau Departemen Perdagangan ditiadakan saja. Juga Perindustrian. Jadikan kedirektoratan di deplu. Semua akan lebih mudah dan murah. Mohon maaf kalau tidak berkenan,” ujar Susi melalui akun Twitternya, @susipudjiastuti, Selasa (21/4/2020).

Baca  Surat Terbuka Ade Muhammad ke Jokowi: Darurat Militer Sekarang Juga!

Usulan Susi tersebut memang tergolong ekstrem meskipun dalam berbagai kesempatan Presiden Jokowi kerap mengeluhkan rumitnya birokrasi di kedua kementerian tersebut. Presiden berkali-kali menekankan agar regulasi dan perizinan terutama berkaitan dengan ekspor-impor dipermudah dan dipersingkat.

Sebelumnya, Menteri Erick mengaku geram dengan ulah mafia alkes yang kerap mempersulit Indonesia. Erick kemudian mengajak semua pihak untuk melawan para mafia tersebut.

Baca  MUI Usul Pemerintah Berlakukan Lockdown, Tunda Ibukota Baru dan Gunakan Anggaran Infrastuktur Hadapi Wabah Corona

“Saya mohon maaf kalau menyinggung beberapa pihak, janganlah negara kita yang besar ini selalu terjebak praktik-praktik yang kotor, sehingga tadi, alat kesehatan musti impor, bahan baku musti impor,” kata Erick melalui live streaming di akun Instagram miliknya, Kamis (16/4/2020).

Menurutnya, melakukan impor alat kesehatan dari luar negeri akan dimanfaatkan bagi para mafia.

Baca  Rektor pun Dapat Sembako Jokowi, Bukti Data Amburadul

“Kalau kita tidak gotong-royong, tidak bangun bangsa kita dengan diri sendiri, memang bangsa lain peduli? Kita yang harus peduli pada bangsa kita. Jangan semua ujung-ujungnya duit terus, dagang terus, akhirnya kita terjebak short term policy. (Impor alat kesehatan) Didominasi mafia, trader-trader itu, kita harus lawan dan ini Pak Jokowi punya keberpihakan itu,” tegasnya. (bizlaw)

Share :

Baca Juga

Nasional

Survei: Penanganan Corona oleh Provinsi Lebih Baik dari Pusat

Nasional

Mahfud MD: Di Iran Ribuan Orang Mati karena Salat di Masjid Saat Corona

Nasional

Jokowi Minta Warga Hidup Berdamai dengan Virus Corona

Nasional

Luhut Tegaskan, RI Memang tak Bisa Lepas dari China

Nasional

PNS Jangan Ngeluh Ya, Tahun Depan Gaji Dipotong Tiga Persen: Buat Apa Nih?

Nasional

Membandingkan Cara Anies dan Jokowi Menghadapi Corona; Ini Kata Pengamat

Nasional

Sri Mulyani Amankan THR dan Gaji ke-13 ASN, TNI dan Polri. Ketua Korpri: Menyumbang Lebih Baik!

Nasional

Honorer K2 Minta Passing Grade Turun, Pati Sunandar: Namanya Makin Tua, Daya Ingat Berkurang