Home / Peristiwa

Minggu, 8 Maret 2020 - 21:03 WIB

Asteroid Apollo Diprediksi Menghampiri Bumi Pada 7 Mei Ramadan Tahun Ini

BERITAWAJO.COM – Data yang diperoleh dari Center of Near Earth Object Studies (CNEOS) NASA menunjukkan asteroid 2016 HP6 akan mendekati Bumi pada Jumat, 7 Mei 2020 pukul 21:48 Universal Time (Sabtu, 8 Mei 2020 pukul 4.48 Waktu Indonesia Barat) pada jarak 4,33 jb (jarak bulan) atau 1,66 juta kilometer, dikutip dari Pusat Sains Antariksa LAPAN.

Asteroid yang akan menghampiri Bumi pada 7 Mei tersebut bertepatan dengan Ramadan tahun ini. Seperti diketahui, Ramadan 1441 H diprediksi akan jatuh pada Jumat, 24 April 2020.

Kabarnya, asteroid ini memiliki kecepatan relatif 5,72 kilometer per detik ketika mendekati Bumi dan dikategorikan sebagai asteroid Apollo. Asteroid Apollo adalah asteroid yang memiliki sumbu setengah panjang lebih besar dibandingkan dengan orbit Bumi (> 1 Satuan Astronomi, SA) tetapi jarak perhelionnya lebih kecil dibandingkan aphelion Bumi (< 1,017 SA).

Beberapa asteorid Apollo bisa menjadi ancaman bagi penduduk di Bumi apabila berada pada jarak yang sangat dekat dengan Bumi, seperti Meteor Chelyabinsk yang memasuki atmosfer Bumi dan meledak di langit kota Chelyabinsk, Rusia pada 15 Februari 2013 silam dengan ukuran 17 meter.

Periode orbit asteroid ini selama 724,5 hari atau 1,98 tahun, sedikit lebih lama dibandingkan periode orbit Mars yakni 687 hari atau 1,88 tahun. Objek ini tidak dapat dikategorikan sebagai objek berpotensi bahaya (Potentially Hazardous Object.

Sumber: okezone

Share :

Baca Juga

Peristiwa

Bejat! Seorang Tidak Dikenal Membakar Muadzin Hingga Meninggal

Peristiwa

Wah, 1.200 Personel TNI-Polri Amankan Pemakaman Ibunda Jokowi

Peristiwa

Sanggah Jubir Pemerintah, Fadli Zon: Corona Disebarkan Orang Kaya ke Orang Miskin

Peristiwa

Viral! Siswa SMA Negeri 2 Demak Pesta Miras

Peristiwa

Inna Lillah; Tenaga Medis Berstatus PDP Corona Meninggal Dunia

Peristiwa

Masalah Corona Belum Selesai, Kini Gunung Semeru Mengeluarkan Awan Panas Masuk Level Waspada

Peristiwa

Dirut Garuda Indonesia Dicopot, Sandiaga Uno: Jangan Betul-betul Dihancurkan

Nasional

Viral! Ceramah UAS; Kalau Istri Minta Cerai, Ceraikan Saja!