Home / Sejarah Peradaban

Sabtu, 11 Januari 2020 - 00:36 WIB

Asal Ajakan Hajar Aswad Dan Alasan Menciumnya

BERITAWAJO.COM – Hajar aswad yaitu sebuah kerikil berwarna hitam kemerahan yang terletak di pojok Ka’bah pada belahan yang bersahabat dengan pintu masuk Ka’bah.

Batu hitam dengan bentuk lonjong ini dimuliakan oleh umat Islam. Bahkan Nabi Muhammad Sholallahu ‘alaihi wa salam menciumnya ketika melakukan umrah dan haji. Kemudian hal ini ditirukan pula oleh para sahabat ibarat Abu Bakar dan Umar Bin Khatab. Dan sekarang menjadi sunnah untuk mencium hajar aswad.

Hajar aswad sendiri berdasarkan sebagian riwayat yaitu kerikil yang dipercayai berasal dari surga. Beberapa sumber menyebutkan bahwa dulunya kerikil ini berwarna putih,  sebab sentuhan insan yang penuh dosa sehingga menjadi hitam. Mulanya kerikil itu sanggup memancarkan cahaya ke arah barat, timur, Syam dan Yaman sampai ke lembah-lembah tanah Haram.

Imam Thabari menceritakan dalam kitab tafsirnya berdasarkan riwayat yang disandarkan pada Ali Bin Abi Thalib ia berkata bahwa Nabi Ibrahim membangun pondasi Ka’bah lalu meninggikannya bersama Nabi Ismail. Ketika hampir selesai, Ismail diminta untuk mencari kerikil sebagai penanda bagi manusia.

Nabi Ismail lalu tiba membahwa sebuah batu, namun Nabi Ibrahim tidak menyukainya. lau, Ibrahim menyuruh anaknya itu untuk mencari kerikil yang lain.

Tapi ketika Ismail kembali, ia telah mendapati ayahnya itu telah meletakan sebuah kerikil ditempat itu. Lalu Ismail bertanya siapakah yang membawakan kerikil itu. Ibrahim menjawab bahwa yang membawanya yaitu seseorang yang tidak ingin melihatku bersandar padamu (Jibril).

Hajar aswad mulai ketika itu menjadi kerikil penanda yang dimuliakan. Para ulama beropini bahwa kerikil itu meski tidak memberi manfaat maupun mudharat, tetap dimuliakan sebab sebagai tanda untuk mengenang Nabi Ibrahim yang telah bersusah payah membangun Ka’bah.

Share :

Baca Juga

Sejarah Peradaban

Jangan Terkecoh, Inilah Area Masjidil Aqsha Yang Benar – Area Luas Di Kelilingi Tembok

Sejarah Peradaban

Banyak Hoax! Inilah Makam Nabi Muhammad Yang Benar

Sejarah Peradaban

Sekilas Sejarah Politik Islam Kurun Pertama

Sejarah Peradaban

Kenapa Peradaban Islam Dulu Pernah Jaya Dan Menjadi Sentra Dunia

Sejarah Peradaban

Sejarah Islam Indonesia: Benarkah Wali Songo Ada?

Sejarah Peradaban

Inilah Masjid Tertua di Indonesia, Berusia 700 Tahun

Sejarah Peradaban

Keunikan Arsitektur Kompleks Masjid Sulaimaniyah Turki

Sejarah Peradaban

Para Ilmuwan Besar Muslim Yang Populer Di Eropa