Home / Islam

Sabtu, 28 Maret 2020 - 15:05 WIB

Apakah Wajar Mengikuti Arahan Pemerintah Supaya Tidak Salat Berjamaah? Ini Jawaban UAS

BERITAWAJO.COM – Ulama kondang Ustaz Abdul Somad kembali memberikan komentar terkait arahan pemerintah kepada umat Muslim untuk tidak salat berjamaah dulu di masjid di tengah wabah corona.

Hal itu diungkapkannya melalui sebuah video berisi jawaban singkat dan tegas berjudul “Yang Sebenarnya tentang Shalat Berjama’ah ketika Wabah”.

“Adakah wajar mengikuti arahan pemerintah supaya tidak salat berjemaah?” ucap Ustadz Abdul Somad membacakan pertanyaan seseorang, membuka video yang antara lain tayang di akun Instagram ustadzabdulsomad_official itu, Kamis (26/3/2020) lalu.

“Mana ada pemerintah berani. Pemerintah Malaysia, Perdana Menteri, Prime Minister, tidak berani melarang orang salat Jumat dan salat fardu,” sambung sosok ustadz yang juga biasa dikenal dengan sapaan UAS tersebut.

Baca  Bahas Dua Fatwa tentang Corona, MUI Libatkan Dua Profesor Ahli Kesehatan

“Lalu kenapa kenyataannya sekarang pemerintah melarang (salat berjamaah)?” sambung UAS lagi.

“Mufti mengeluarkan fatwa. Mufti wilayah Persekutuan (Malaysia), Mufti Selangor, Mufti Perak, mufti seluruh mufti. (Juga) Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia, Mufti Al-Azhar,” tambah Ustaz Abdul Somad memberi jawaban.

“Kenapa mufti berani? Dari Alquran dan sunnah Rasulullah SAW. Mereka ambil (pedoman) dari sunnah. Meninggalkan salat berjamaah dan salat Jumat pada masa wabah penyakit adalah sunnah Rasulullah SAW,” jelasnya lagi.

Baca  Arwah Manusia yang Meninggal Gentayangan atau Bagaimana?

“Saya ulang sekali lagi. Meninggalkan salat berjamaah dan salat Jumat pada masa tersebarnya wabah penyakit, (seperti) tha’un, pes (wabah di masa lalu), adalah sunnah Rasulullah SAW,” tegas Ustaz Abdul Somad mengakhiri video berdurasi 1 menit 18 detik itu.

Ini bukanlah komentar atau keterangan pertama dari UAS terkait imbauan meninggalkan salat Jumat dan salat berjamaah di masjid yang beberapa minggu terakhir sudah disampaikan di Indonesia.

Sebelumnya, pada pekan lalu, UAS pun sudah bicara dalam sebuah video lain terkait hal itu, khususnya menjawab kerisauan sebagian umat menyusul keluarnya Fatwa MUI.

Baca  Dosen Katolik Ini Akui Kebenaran Nabi Muhammad saw soal Mencegah Corona

“Saya percaya kepada Majelis Ulama Indonesia, dan khusus Mesir, karena saya alumni Al-Azhar,” ujar UAS dalam salah satu bagian video yang juga tayang di akun media sosialnya itu.

“Saya sebagai orang yang awam, tidak berilmu, ikut ulama-ulama, guru-guru kami di Al-Azhar yang sudah mengeluarkan keputusan pada tanggal 15 Maret 2020 tentang gugurnya salat Jumat dan salat fardu,” tegas Ustaz Abdul Somad pekan lalu.

Share :

Baca Juga

Islam

UAS: Sudah Lebih dari Sebulan Saya Isolasi Diri. Kenapa?

Islam

Ternyata Palsu! Kisah Ali Bin Abi Thalib Bertemu Malaikat Jibril Dan Mikail

Islam

MUI: Meskipun Pandemi Corona Puasa Ramadhan Tak Bisa Diganti Fidiah!

Islam

Fatwa MUI Terkait Wabah Corona, Ternyata Perintah Langsung dari Wakil Presiden, Ma’ruf Amin

Islam

Subhanallah, Pria Ini Meninggal Saat Mengumandangkan Hayya ‘Ala Shalah dalam Azan

Islam

Dialog UAS Dan JK: Masjid Harus Tetap Azan

Islam

Anggota DPR Usul Dana Haji Dipakai Tangani Corona

Islam

Awas! Ancaman Pandangan Mata Dapat Mencelakai Orang Lain