Home / Kesehatan

Jumat, 6 Maret 2020 - 06:27 WIB

4 Orang yang Pernah Kontak Dekat dengan Pasien Corona Diduga Terinfeksi

BERITAWAJO.COM – Sebanyak 4 orang yang berasal dari cluster Jakarta diduga keras menjadi suspect positif terjangkit virus corona (Covid-19) karena melakukan kontak secara dekat dari 1 pasien yang sebelumnya positif corona.

Juru Bicara Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto menjelaskan pemerintah telah melacak 25 orang yang berada dekat dengan pasien positif corona. Dari jumlah tersebut, 4 orang teridentifikasi melakukan kontak jarak dekat dengan pasien corona.

“Yang betul-betul dekat sudah diperiksa dan di-observasi di rumah sakit untuk 4 orang yang kita duga suspect positif,” kata Yurianto dalam konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (6/3/2020).

Lantas, apa alasan pemerintah memiliki dugaan kuat 4 orang tersebut positif corona? Yurianto menjelaskan, keempat orang tersebut memiliki gejala influenza sedang pasca melakukan kontak dengan pasien corona.

“Karena kita yakini kontak dekat. Apalagi dari 4 orang ini ada tanda-tanda influenza sedang dan kita lihat arena kontak kasus 1 dan 2,” kata Yurianto.

Yurianto menjelaskan, saat ini keempat orang tersebut saat ini tengah berada di ruang isolasi Rumah Sakit Persahabatan. Kepastian apakah mereka positif terinfeksi corona baru akan terlihat sore ini.

“Sementara 4 orang yang kontak dekat dan saat ini kami isolasi kondisinya stabil, beberapa masih ada yang batuk dan pilek ada juga yang suhu tubuhnya di atas 37 tepatnya 37,6 artinya masih demam,” kata Yurianto.

Sumber

Share :

Baca Juga

Global

Dua Kasus Baru Corona di Saudi; Pasien Terjangkit Setelah dari Iran dan Irak

Kesehatan

WHO: Virus Corona Akan Bersama Kita untuk Waktu yang Lama
BPJS Kesehatan Turun Mulai 1 Mei 2020

Kesehatan

Catat! Iuran BPJS Kesehatan Turun Mulai 1 Mei 2020

Kesehatan

Pasien Terjangkit Corona Tidak Ditanggung BPJS Ya…

Kesehatan

Hasil Penelitian IPB dan UI: Jeruk dan Kulitnya Bisa Tangkal Corona. Begini Caranya!
WNA India Positif Covid-19

Kesehatan

Pemeriksaan COVID-19 di Indonesia Disebut Bertele-tele, Ini Kata Ahli
Perokok Lebih Terlindung dari Virus Corona

Kesehatan

Penelitian Prancis: 80 Persen Perokok Lebih Terlindung dari Virus Corona

Kesehatan

3 Tips Aman Jalani Puasa Jika Alami Gejala Ringan Corona