Skip to main content

follow us

Mendagri Sebut Jakarta seperti Kampung, Anies Baswedan: Pesan Penting Transformasi Sebuah Negara

BERITAWAJO.COM, FAJAR.CI.ID, JAKARTA – Gubernur Anies Baswedan ogah berpolemik soal pernyataan Mendagri Tito Karnavian bahwa Jakarta seperti kampung, jika dibandingkan dengan kota-kota besar di Tiongkok. Menurut Anies, perbandingan yang sensasional tersebut bukanlah inti dari pesan Mendagri.

“Jadi menurut saya, justru pelajaran penting yang kita ambil dari pesan yang disampaikan Pak Mendagri tadi adalah pesan tentang transformasi sebuah negara. Lebih dari soal kata kampung yang memang clickbait dan menarik. Tapi sesungguhnya, ini adalah pesan penting bagaimana transformasi sebuah negara itu terjadi,” kata Anies di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (26/11).


Foto Istimewa

Menurut dia, pernyataan Tito memberikan gambaran transformasi yang dialami Tiongkok selama empat dekade dibandingkan dengan negara-negara seperti Australia, Selandia Baru, termasuk Indonesia. Anies menyebut ekonomi Tiongkok telah tumbuh 100 kali lebih besar.

“Jadi menceritakan betapa cepatnya terjadi perubahan di sana. Jadi menurut saya, tidak usah dilepaskan konteks percakapannya. Konteks percakapannya adalah konteks percakapan tentang transformasi. Itu artinya juga PR bagi kita untuk mempercepat transformasi. Dan ini objektif saja,” ujar Anies.

Anies pun mengklaim bahwa transformasi seperti di Tiongkok mulai terjadi di zamannya. Contohnya, pembangunan sarana transportasi membuat warga mulai meninggalkan kendaraan pribadi.

“Apa yang terjadi? Di tahun 2017, jumlah penumpang kendaraan umum kita ada 338 ribu. Dalam dua tahun, dia berubah hampir 700 ribu. Lompat dua kali lipat dalam dua tahun. Kenapa? Ya karena ada transformasi serius di bidang integrasi transportasi,” ucapnya.

Anies menekankan jika melakukan langkah-langkah yang tepat untuk melakukan transformasi maka lompatan yang drastis tersebut akan terjadi.

“Dan China memberikan pelajaran bahwa lompatan drastis itu bukan satu hingga dua lokasi, tetapi di seluruh negeri. Jadi ini pesan yang menurut saya untuk kepala daerah menjadi menarik,” tuturnya.

Demikian berita ini dikutip dari FAJAR.CO.ID untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

Berita Terkait Lainnya:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar