Skip to main content

follow us

Ini Jawaban Misnah Soal Pengunduran Dirinya dari Ketua KPU

BERITAWAJO.COM, MAKASSAR — Ketua KPU Sulawesi Selatan, Misnah M Attas, tiba-tiba mengundurkan diri dari jabantannya. Berembus kabar, mundurnya Misnah ada kaitannya dengan legislator PDIP yang hingga kini tak kunjung dilantik.

Bahkan, penyelenggara pemilu itu sudah melakukan rapat pleno pada Jumat, 22 November, menentukan pelaksana tugas (plt) dan ketua pengganti Misnah.


Foto Istimewa

“Kemarin sore kita pleno, Plt itu Ibu Fatma. Kalau ketua, yang terpilih itu pak Faisal Amir,” kata Komisioner KPU Sulsel, Uslimin, kepada Fajar, Sabtu, 23 November 2019, kemarin.

Hanya saja Uslimi tak ingin menyampaikan, apa yang menjadi alasan Misna yang tiba tiba memutusakan untuk mundur. ” Kalau itu baiknya langsung ke ibu Misna, saya sekarang di Jakarta.” singkat Uslimin.

Komisioner KPU Sulsel Asram Jaya, juga enggan menanggapi hal itu lebih jauh. Asram hanya membenarkan bahwa Misnah mundur, namun dia enggan menyampaikan apa yang melatar belakangi keputusan Misnah. “Kalau itu nanti ada penyampaian secara resmi. Saya tidak berwenang menanggapi itu,” singkat Asram.

Sementara itu, saat dikonfirmasi, Misnah M Attas juga tidak menjelaskan secara gamblang mengapa dirinya memutuskan mundur sebagai ketua KPU. ” Soal itu satu yang bisa saya sampaikan, saya mundur karena prinsip pemilu,” tegasnya.

Saat kembali ditanya sebab dari keputusannya itu, Misnah tak ingin menjawab. “Saya tidak mau tanggapi yang lain-lain. Yang bisa saya sampai hanya itu, karena prinsip pemilu,” tutup Misnah.

Plt Ketua KPU Sulsel, Fatmawati, menjelaskan bahwa Misnah tetap menjadi anggota KPU. Sebab, Misnah hanya mundur sebagai ketua KPU. “Misnah tetap jadi anggota, karena beliau kan tidak mundur sebagai anggota,” jelas Fatma.

Namun, Fatma juga enggan menjelaskan alasan mendasar Misnah memutuskan untuk mundur sebagai ketua. Menurutnya, hal itu adalah sikap pribadi jadi tak ingin ditanggapi. “Kalau soal alasan mundurnya ibu Misnah eloknya dia yang langsung jelaskan, jangan saya. Itukan keputusan beliau, jadi jangan saya, baiknya Ibu Misnah langsung biar tidak ada salah paham nantinya,” tutup Fatma.

Mundurnya Misnah dari kursi ketua KPU Sulsel menimbulkan banyak asumsi. Salah satunya putusan itu dikaitkan dengan pembatalan pelantikan dua caleg terpilih yakni Misriani Ilyas dari Partai Gerindra dan Novianus YL Patanduk.

Demikian berita ini dikutip dari FAJAR.CO.ID untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

Berita Terkait Lainnya:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar