Skip to main content

follow us

Dokter Harus Tetap Eksis di Era Disruptif

BERITAWAJO.COM, MAKASSAR –Berbagai tantangan hadir sering berkembangnya pengetahuan di era disruptif. Tak terkecuali di dunia kedokteran.

Eksistensi dipertaruhkan mengingat ketatnya persaingan dalam profesi. Hal ini lantas memicu peningkatan kompetensi masing-masing individu. Tampak dari Pertemuan Ilmiah Tahunan III PDUI Sulsel yang digelar di Hotel Claro, Jumat, (22/11/2019).


Pertemuan Ilmiah Tahunan III PDUI Sulsel yang digelar di Hotel Claro, Jumat, (22/11/2019).

Ketua Persatuan Dokter Umum Indonesia (PDUI), dr Abraham Andi Padlan Patarai MKes menekankan bahwa penanganan terhadap pasien haruslah tepat. Untuk itu, para dokter umum juga perlu memiliki kompetensi menangani penyakit yang umum terjadi, agar melayani pasien dengan tepat dan cepat.

Ini kemudian menjadi salah satu pembelajaran yang dikaitkan dengan modul kompetensi. Sebuah paket pembelajaran bagi para dokter umum mengenai 20 penyakit yang paling sering terjadi di masyarakat. “Ini berdasarkan temuan BPJS. Kita refresh mereka untuk mengkaji dasar keilmuan itu dalam bentuk pembelajaran kedokteran berkelanjutan,” ungkapnya dalam pertemuan tersebut.

Menurutnya, perlu ada penguatan PDUI yang tentunya juga akan mengokohkan organisasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Lagi-lagi, ini berkaitan erat dengan kompetensi yang baik dari para dokter umum.

Antusias para peserta Pertemuan Ilmiah Tahunan III PDUI Sulsel yang digelar di Hotel Claro, Jumat, (22/11/2019).

Ketua IDI Sulsel, dr Muchammad Ichsan Mustari mengatakan, dokter umum punya peran sangat penting, mereka merupakan gatekeeper, karena merekalah pertama kali bertemu dengan masyarakat di fasilitas kesehatan tingkat pertama. Dokter umum punya peran penting agar penyakit yang ringan tidak lebih berat lagi.

Ia mendorong PDUI agar membuat konsep pegembangan klinik pada upaya kuratif dan juga promotif yang didukung oleh pemerintah. Para dokter umum pun perlu memperkuat kompetensinya. Bagaimana berkomitmen dalam memberikan pelayanan terbaik serta membangun idealisme untuk membantu masyarakat di mana pun ditempatkan.

Demikian berita ini dikutip dari FAJAR.CO.ID untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

Berita Terkait Lainnya:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar