Home / Global

Rabu, 20 Mei 2020 - 20:21 WIB

160 Paspampres Filipina Positif Rapid Tes COVID-19, Bagaimana Kabar Presiden Duterte?

Komandan PSG, Jesus Durante III mengkonfirmasi, sekitar 160 anggota pasukan pengamanan presiden (PSG) Filipina, Rodrigo Duterte dinyatakan positif terpapar Corona Virus Desease 2019 atau COVID-19.

Jesus Durante mengatakan, 160 anggotanya dinyatakan terinfeksi COVID-19 setelah melalui rapid test yang dilakukan Selasa, (19/05/2020). Sementara satu orang lainnya dinyatakan positif setelah menjalani tes PCR (polymerase chain reaction).

Kendati demikian, Jesus Durante memastikan Presiden Rodrigo Duterte tidak ada kontak dengan semua anggota paspamres yang positif COVID-19 tersebut.

Baca  Tiga Warga Toraja Tertahan di Wuhan, Begini Respons Bupati

“(Anggota PSG) tidak ada kontak dengan Presiden Duterte. Tidak ada kontak secara dekat dengan anggota paspampres. Sejauh ini 90 anggota positif setelah menjalani tes PCR,” ujar Durante kepada GMA News Online.

Durante memastikan semua anggota paspampres yang dinyatakan terinfeksi COVID-19 saat ini telah menjalani karantina selama 14 hari. Sejumlah anggota yang positif terinfeksi virus saat ini dinyatakan sembuh.

Baca  Subhanallah! Reklame Memuat Tiga Pesan Rasulullah Terpasang di Chicago

“Total ada 160 anggota PSG yang telah dikarantina, sebagian besar telah dibolehkan keluar setelah diisolasi selama 14 hari tanpa ada gejala dan hasil tes terbaru positif corona,” urai Jesus Durante.

Merespons kabar ini, pihak Istana Kepresidenan mengatakan selama akhir pekan Rodrigo Duterte berada di Davao bersama keluarganya, setelah Manila dan enam provinsi lainnya masih dalam tahap penguncian wilayah (lockdown).

Baca  Langgar Aturan Lockdown, Wakil Menkes Malaysia Dihukum Denda

Juru bicara istana, Harry Roque mengatakan Rodrigo Duterte tiba di Istana Kepresidenan Malacanang pada Senin (18/05/2020) malam. Presidem Duterte diagendakan melakukan rapat dengan Satuan Tugas Antar-lembaga untuk membahas penanganan corona pada Selasa.

Data statistik John Hopkins University mencatat saat ini ada 12.942 kasus penderita COVID-19 di Filipina. Sekitar 837 orang meninggal dan 2.843 pasien dinyatakan sembuh.

Share :

Baca Juga

Global

Blak-blakan, Penasihat Gedung Putih Sebut Alat Tes Uji Covid-19 yang Diterimanya dari China Adalah Palsu
Asal Muasal Covid-19

Global

Menelusuri Asal Muasal Covid-19, Benarkah dari Laboratorium Institut Corona di Wuhan?

Global

Imbas Corona, Arab Saudi Minta Umat Islam Seluruh Dunia Tunda Persiapan Haji

Global

Singgung Memo 57 Halaman Berisi Taktik Jahat Amerika, Jubir China: AS Gunakan Pandemi Ini Sebagai Senjata

Global

AS Imbau Warganya untuk Meninggalkan Indonesia

Global

Palestina Keadaan Darurat!

Global

Imam Masjid Ini Dicopot Karena Tiadakan Shalat Jamaah

Global

Gawat! Gara-Gara Terlalu Lama Dikarantina, Banyak Pasangan Ajukan Permohonan Cerai