Home / Top 10

Kamis, 2 Mei 2019 - 12:01 WIB

10 Pesawat Tempur Paling Canggih Rusia Saat Ini

Saat ini Rusia ialah salah satu negara dengan kekuatan militer terbaik bersama-sama dengan Amerika Serikat.

Salah satu kekuatan Rusia ialah mempunyai pesawat-pesawat tempur canggih berteknologi tinggi ibarat pesawat siluman Sukhoi Su-57, pesawat multi-peran Sukhoi Su-35, pesawat bomber Tupolev Tu-160 dan lain sebagainya.

Berikut 10 pesawat tempur paling canggih Rusia ketika ini yang sanggup menyaingi kekuatan tempur pesawat-pesawat canggih milik Amerika Serikat ibarat yang kami lansir dari laman military-today.com

1. Sukhoi Su-57 

Sukhoi Su-57 ialah pesawat tempur paling canggih Rusia paling gres ketika ini. Pesawat berteknologi siluman ini dirancang untuk menggantikan pesawat MiG-29 dan Sukhoi Su-27 yang sudah tua.

Pengembangan pesawat ini dimulai pada tahun 2001 dan melaksanakan penerbangan pertamanya pada tahun 2010.

Pesawat tempur super canggih ini mempunyai 10 hardpoint internal dan 6 eksternal untuk dipakai banyak sekali rudal anti radiasi udara ke udara, udara ke daratan, dan bahkan bom otomatis. Dua kawasan senjata internal besar dipasang gotong royong diantara mesin. Ada juga dua sidebays untuk rudal udara ke udara jarak pendek.

Pesawat Siluman Sukhoi Su-57 ini dipercaya sanggup membawa 7.500 kg persenjataan.

2. Sukhoi Su-35 

Pesawat tempur multi-peran Sukhoi Su-35 ialah pengembangan dari versi Sukhoi Su-27 yang dikembangkan kembali secara signitifkan.

Pesawat tempur paling canggih Rusia ini ditawarkan untuk dieksporsebagai peganti pesawat tempur Su-27 dan MiG-29

Para pengembang menyebut bahwa Sukhoi Su-35 ialah pesawat pejuang generasi 4++, Pesawat serang yang sangat cepat dan sanggup bermanufer dengan jarak yang sangat panjang.

Dengan kemampuan ketinggian yang tinggi dan persenjataan yang super canggih dan lengkap menimbulkan pesawat ini bahaya besar bagi para pesawat tempur generasi 4+ barat. Su-35 terutama merupakan pejuang superioritas udara, namun mempunyai kemampuan udara ke darat yang sangat spektakuler.

Pesawat ini sanggup membawa sejumlah besar senjata dengan mempunyai 12 cantelan sayap dan cantelan tubuh pesawat dan sanggup membawa persenjataan hingga berat maksimum 8.000 kg. 

Selain itu mesinnya juga sangat besar dan berpengaruh yang sanggup memberikannya kemampuan untuk melaksanakan supercruise dalam waktu yang lama. Mesinnya juga sanggup mencapai kecepatan supersonic tanpa memakai afterburner.

Mesin mempunyai vectoring dorong tiga dimensi menciptakan pesawat ini sangat gampang bermanuver.

3. Mikoyan MiG-31BM 

Mikoyan MiG-31BM merupakan pesawat tempur paling canggih Rusia versi terbaru dari pesawat pencegat MiG-31. mIg-31BM telah ditingkatkan kemampuannya sanggup melaksanakan serangan udara ke darat dan menjadi pesawat tempur multi-peran sejati.

Baca  10 Kereta Api Tercepat Di Dunia Saat Ini; Nomor 1 Luar Biasa!

Pesawat ini sanggup melaksanakan kiprah intersepsi jarak jauh, pemogokan presisi dan pertahanan. Kedua kokpit menampilkan layar canggih yang sanggup memungkinkan pilot untuk memakai amunisi yang dipandu dengan presisi.

Pesawat tempur super canggih ini mempunyai kecepatan yang tinggi, ketinggian dan tingkat pendakian yang maksimal.

MiG-31BM ialah salah satu pesawat dengan prosuksi tercepat di dunia.

4. Sukhoi Su-34 

Sukhoi Su-34 ialah pesawat pengganti Sukhoi Su-24 yang sudah tua. Pesawat ini merupakan pesawat turunan dari Sukhoi Su-27.

Pesawat ini pertama kali diterbangkan pada tahun 1990 dan pada tahun 1995 sebuah pesawat pra-produksi terungkap.

Pesawat Sukhoi Su-34 mempunyai 10 cantelan underwing dan underfusealage untuk banyak sekali senjata termasuk senjata udara ke udara, udara ke darat, anti-kapal dan rudal anti-radiasi, bom jatuh bebas atau dioandu.

Su-34 bisa membawa 4.000 kg senjata dengan kapasitas maksimum hingga 8.000 kg. Fitur yang tidak biasa dari Sukhoi Su-34 ialah mempunyai radar yang menghadap kebelakang dan sanggup meluncurkan rudal udara ke udara untuk mengejar pesawat musuh.

Kokpit dan beberapa komponen dan sistem penting lainnya berlapis baja. Pesawat juga dilengkapi dengan alat penghitung elektronik yang komprehensif.

Pesawat tempur paling canggih Rusia iini mempunyai kecepatan maksimum 1.900 km / jam dan sanggup mencapai ketinggian sekitar 14 km dengan jangkauan maksimum sekitar 2.000 – 2.500 km tergantung pada beban senjata.

Sukhoi Su-34 juga sanggup melaksanakan peperangan elektronik atau pod pengintaian. Saat ini pesawat ini juga sedang diusulkan oleh Angkatan Udara Rusia untuk sanggup melayani pencegatan, pengintaian dan perang elektronik yang berat.

5. Sukhoi Su-24 

Terlepas dari usianya, Sukhoi Su-24 merupakan salah satu pesawat tempur paling canggih Rusia ketika ini yang beroperasi dengan Angkatan Udara Rusia dengan kemampuan disegala cuaca.

Secara keseluruhan Rusia telah memproduksi sekitar 900 – 1.200 unit pesawat Su-24 yang sebagian telah diekspor ke sejumlah negara.

Pesawat ini pernah diterjunkan di Perang Rusia di Afganistan dan beberapa konplik militer lainnya di dunia. Sukhoi Su-24 sanggup membawa hingga 8.000 Kg persenjataan ibarat rudal udara ke udara, anti-kapal dan anti-radiasi.

Baca  Viral, Ini 10 Ular Berbisa Paling Mematikan Di Indonesia

Pesawat ini juga sanggup menjatuhkan bom yang sanggup dipandu dengan laser dan juga bebas. Selanjutnya Su-24 dirancang untuk membawa bom nuklir yang sanggup dijatuhkan disemua tempat. 

Sukhoi Su-24 mempunyai kecepatan maksimum 1.320 km / jam dan sanggup mencapai ketinggian hingga 17 km.

Pesawat ini mempunyai jangkau terbang hingga 1.200 – 2.500 km tanpa mengisi materi bakar. Selain dijadikan sebagai pembom supersonik, Sukhoi Su-24 juga mempunyai kiprah pengintaian sekunder. Sukhoi Su-24MR merupakan versi pengintaian taktis khusus.

Sementara versi Su-24MP ialah pesawat perang dengan elektronik khusus.

6. Tupolev Tu-160 

Tupolev Tu-160 mulai dikembangkan selama terjadinya Perang Dingin yang dimaksudkan untuk menyerang sasaran Amerika Serikat yang paling penting.

Tupolev Tu-160 ialah pesawat tempur terbesar dan terberat di dunia yang pernah dibangun. Tupolev Tu-160 sanggup membawa rudal jelajah dan serangan darat yang dilengkapi dengan hulu ledak konvensional atau nuklir.

Pesawat Bomber ini juga sanggup menjatuhkan bom dengan berat maskimum hingga 40 ton sebagai ganti rudal.

Pesawat Tempur paling canggih Rusia ini mempunyai jangkauan terbang hingga 14.500 km tanpa mengisi materi bakar. Dipercayai bahwa total produksi tidak lebih dari 39 pesawat.

Pesawat ini sangat mahal untuk dibangun dan dirawat. Beberapa sumber mengklaim bahwa Rusia ketika ini hanya mengoperasikan 16 pesawat bomber strategis ini.

7. Tupolev Tu-95 

Pesawat tempur paling canggih Rusia lainnya ialah pesawat bomber Tupolev Tu-95 bertenaga Turboprop.

Pesawat ini mulai dioperasikan semenjak tahun 1956 dan tetap menjadi kekuatan penting dari kekuatan udara jarak jauh Rusia.

Awalnya pesawat bomber ini dirancang untuk membawa bom nuklir ke wilayah AS yang sanggup membawa sekitar 15.000 Kg muatan.

Sekarang model yang telah diperbaharui dari Tupolev Tu-95 yaitu sanggup membawa 6 rudal jelajah jarak jauh yang nerkisar sekitar 15.000 km. Lebih dari 500 pesawat jenis ini telah dibangun. Versi pembawa bomber / rudal ketika ini ialah Tupolev Tu-95MS yang mulai dibangun pada tahun 1984 hingga tahun 1992.

Terlepas dari usianya, Tupolev Tu-95 tetap akan beroperasi hingga setidaknya hingga tahun 2040.

8. Tupolev Tu-22M 

Tupolev Tu-22M juga merupakan salah satu psawat tempur paling canggih Rusia ketika ini yang dikembangkan dari desain Tu-22.

Walaupun pesawat ini tidak mempunyai jangkauan yang cukup untuk misi yang benar-benar strategis dan diklarifikasikan sebagai pesawat bomber jatak menengah.

Baca  Viral; Ternyata Ini 10 Perempuan Inggris Paling Manis di Dunia 2020

Pesawat Bomber Tu-22M dioperasikan oleh Soviet Naval Aviation dibangun untuk menghancurkan kapal induk – kapal induk milik Amerika Serikat yang bisa membawa muatan hingga 24.000 Kg termasuk rudal dan bom yang dijatuhkan.

Sekitar 90 pesawat bomber Tu-22M ini dioperasikan oleh Angkatan Udara Rusia dan 58 unit pesawat lainnya di operasikan oleh Angkatan Laut Rusia.

9. Mikoyan MiG-35 

Pesawat tempur multi-peran MiG-35 dikembangkan oleh distributor desain Mikoyan pada awal tahun 2000-an. Pesawat ini ialah type yang telah dikembangkan secara signitifkan dari MiG-29.

Pesawat tempur ini mempunyai peralatan elektronik terbaru, mesin gres dan sistem terbaru lainnya. Peran utama dari pesawat MiG-35 ialah untuk mendapat keunggulan udara serta melaksanakan pemogokan darat presisi disegala semua cuaca.

Pesawat ini juga bisa melaksanakan pengintaian udara dengan peralatan khusus. Pesawat MiG-35 ini telah meningkatkan sistem aviotik dan juga sistem persenjataannya, terutama Phazatron Zhuk, radar sedikit demi sedikit akatif yang baru.

Radar model ini sanggup mendeteksi lebih banyak target, lebih tahan terhadap tindakan akibat elektronik, mempunyai jangkauan deteksi lebih lama, dan sanggup melacak serta melibatkan lebih banyak sasaran secara bersamaan.

Pesawat tempur paling canggih Rusia ini juga diperlengkapi dengan meriam 30 mm serta sanggup membawa 150 butir amunisi., mempunyai 9 hardpoint eksternal yang sanggup membawa hingga 7.000 kg payload serta sanggup memakai beberapa rudal udara ke udara dan udara ke darat, roket-roket tanpa arah, bom yang dipandu dengan presisi dan bom jatuh bebas.

10. Mikoyan MiG-29 

Pesawat tempur paling canggih Rusia ketika ini selanjutnya ialah Mikoyan MiG-29 yang dikembangkan untuk memenuhi persyaratan Angkatan Udara Rusia untuk pesawat tempur multi-peran yang ringan.

Dengan kemampuan manuver yang menakjubkan, MiG-29 membangun kembali reputasi Rusia sebagai produsen pesawat tempur yang andal.

Menggabungkan desain aerodinamis canggih, MiG-29 memilki radar Doppler Pulsa N-019 sebagai sensor utamanya yang sanggup mencari dan melacak dengan infra merah untuk pelacakan sasaran pasif.

Pesawat tempur multi kiprah ini mulai dioperasikan pada tahun 2013 dari kapal induk Kiznetsov Rusia. Selanjutnya penerus MiG-29 ialah MiG-35 yang melaksanakan penerbangan pertamanya pada tahun 2007.

Pesawat ini mempunyai mesin yang lebih kuat, radar gres dan avionik baru.

Sumber : military-today.com

Share :

Baca Juga

Top 10

Viral, Ini 10 Ular Berbisa Paling Mematikan Di Indonesia

Top 10

Viral; Ternyata Ini 10 Perempuan Inggris Paling Manis di Dunia 2020

Top 10

10 Kereta Api Tercepat Di Dunia Saat Ini; Nomor 1 Luar Biasa!

Top 10

10 Penyanyi Perempuan Tercantik di Dunia 2020; Nomor 2 Paling Yahud

Top 10

10 Daerah Paling Romantis di Dunia; Bali Hanya Nomor 9 Coy!

Top 10

10 Raja Paling Populer Dalam Sejarah; Didominasi Raja dari Israel

Top 10

10 Pondok Pesantren Tertua di Indonesia